Penyidik Polsek Sukajadi Aiptu DB Diduga Palsukan BAP

Ilustrasi | Beritariau.com 2014

Beritariau.com, Pekanbaru - Evi Sitinjak (45), warga Perumahan Graha Taman Anggrek Jalan Garuda Sakti Kecamatan Tampan, Sabtu (15/11/14), melaporkan Aiptu Daniel Bakara (DB), anggota polisi yang bertugas di Polsek Sukajadi. Dalam laporannya ke Polresta Pekanbaru, Evi menduga Aiptu DB telah membuat Berita Acara Pemeriksaan (BAP) Palsu.

Menurut Evi Sitinjak dalam laporannya, pada tanggal 15 April 2014, Evi datang ke Polsek Sukajadi menemui Aiptu DB, namun DB tak ada. Kemudian Evi menghubungi DB dan menanyakan soal perkembangan kasus yang dilaporkannya yang ditangani DB selaku penyidik..

Selanjutnya, DB menyuruh Evi untuk menunggu dikantor, karena DB mengaku sebentar lagi tiba di Mapolsek Sukajadi. Begitu tiba, Evi pun langsung menjumpai DB dan menanyakan perkembangan kasusnya.

Namun DB malah memberikan Berita Acara Pemeriksaan (BAP) pertama kepada Evi agar ditandatangani. Katanya, BAP itu akan diantar ke pihak Kejaksaan, karena ia sudah ditegur oleh Kabid Propam Polda Riau atas laporan Evi ke Polda Riau.

Lalu, Evi bertanya kenapa baru sekarang menandatangani BAP. DB menjawab bahwa belum ada satu pun BAP yang ditandatangani. Mendengar itu, Evi terkejut. Ia kembali bertanya, bukankah dia sudah pernah menandatangani BAP, kenapa dirinya harus menandatangani lagi. Saat bertanya, Evi sambil menandatangani BAP yang diminta DB.

Kemudian Evi meminta BAP penyitaan barang bukti kepada DB dan DB pun menyuruh Evi mengambilnya kepada Dedi (anggota Polsek Sukajadi) karena Dedi yang melakukan penyitaan.

Namun, setelah ditunggu-tunggu ternyata DB tak kunjung memberikan BAP penyitaan barang bukti sampai Evi membuat laporan polisi.

"Laporannya masih dalam penyelidikan pihak reskrim Polresta Pekanbaru," ujar Kabid Humas Polda Riau AKBP Guntur Aryo Tejo SIK, Minggu (16/11/14).

Untuk mengungkap kebenarannya, kata Guntur, korban sudah diperiksa untuk dimintai keterangan dan penyidik akan memanggil beberapa saksi termasuk terlapor untuk dimintai keterangan. [Pan]

Tags :# hukum