Gelar Aksi Damai

Ratusan Buruh SPTI Pekanbaru Geruduk Dua Perusahaan

Imelda Samsi SE ketua DPC KSPSI Pekanbaru beserta jajaran ketua, PC, dan PUK menggelar aksi damai menuntut hak pekerjaan bongkar muat yang seharusnya dikerjakan oleh buruh setempat didepan pembangunan gedung Qur’an Center dan Gedung Kantor PT. Bumi Siak Pusako.

Beritariau.com, Pekanbaru - Ratusan buruh bongkar muat yang tergabung dalam Konfedarasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) yang terdiri dari, NIBA, FPS, dan BPU menggelar aksi damai didepan pembangunan gedung Qur’an Center dan Gedung Kantor PT. Bumi Siak Pusako, Kamis (10/01/2022), di Jalan Jenderal Sudirman.

Dalam orasinya, di depan pembangunan Qur’an Center yang dikerjakan oleh PT.Cipta Adi Guna. Imelda Samsi SE ketua DPC KSPSI Pekanbaru beserta jajaran ketua, PC, dan PUK menuntut hak pekerjaan bongkar muat yang seharusnya dikerjakan oleh buruh setempat dari KSPSI.

“Sudah 3 (tiga) bulan kita menyurati pihak perusahaan, namun tidak digubris. Bahkan, undangan mediasi dari Disnakertrans Riau dan Disnaker Pekanbaru mereka malah mangkir,” kata Imelda diikuti sorak dukungan para buruh.

Atas sikap pihak perusahaan, membuat Imelda dan kawan-kawan geram. Pihaknya beralasan pekerjaan yang dikerjakan oleh KSPSI sudah diatur Undang-undang dan Peraturan Walikota Pekanbaru. “Kami disini tidak meminta proyek, tapi kami meminta pekerjaan berdasarkan peraturan,” tegas Imelda dan kawan-kawan.

“Kami menuntut hak kami, uang untuk makan keluarga kami. Jangan malah berikan ke oknum aparat institusi. Lalu, membenturkan kami dengan oknum aparat,” lanjut Imelda, yang di Amini massa aksi.

Baru saja tiba pihak perusahaan langsung menerima masa aksi dan sepakat melakukan mediasi ditengahi aparat Kepolisian.

Usai melakukan mediasi, hasilnya kata Imelda, akhirnya pihak perusahaan sepakat untuk memperkerjakan buruh dari KSPSI. “Kita sudah sepakat, dan besok kita mulai bekerja,” ungkap Imelda.

Selanjutnya, peserta aksi bergerak menuju lokasi Pembangunan Pembangunan Gedung Kantor PT. Bumi Siak Pusako yang sedang dikerjakan oleh PT. Brahmakerja Adiwira.

Sebentar berorasi, perwakilan dari pihak perusahaan pun muncul dan meminta untuk melakukan mediasi esok hari, Selasa (11/01/2022).

“Disini perwakilan dari perserta aksi diminta untuk datang kembali esok hari untuk pembahasan lebih lanjut,” kata Imelda kepada buruh peserta aksi.

Selama aksi damai berlangsung, tampak puluhan personil Polresta Pekanbaru dan Polsek Bukit Raya berjaga dilokasi untuk memberikan pengamanan selama aksi berlangsung.

Tak hanya itu, Imelda juga menekankan kepada peserta aksi demo untuk tidak melakukan kerusuhan dan selalu menggunakan masker selama aksi berlangsung.

Sebagai informasi, perjalanan mendapat izin orasi ini juga langsung dari Kapolda Riau Irjen Pol Muhammad Iqbal dengan syarat menerapkan protokol kesehatan. Saat bertemu langsung dengan Samsi SE selaku ketua DPC KSPSI Pekanbaru beserta jajaran ketua, PC, dan PUK belum lama ini. Dengan syarat menerapkan protokol kesehatan.***