Dituding Curi Aliran Listrik, Tarzan Srimulat Didenda Rp 90 Juta

Tarzan

Beritariau.com, Jakarta - Pelawak Tarzan dituding mencuri aliran listrik. Karena hal ini, pemilik nama asli Toto Muryadi itu sampai didenda Rp90 juta.

Kejadian ini bermula saat Tarzan membelikan rumah untuk putrinya, Galuh Pujiawati, pada 2007 silam. Belasan tahun berlalu, Tarzan tidak pernah tahu soal aliran listrik di rumah kawasan Pinang Ranti, Jakarta Timur.

Sampai akhirnya pada 6 Februari 2023 lalu, petugas PLN datang ke rumah milik Tarzan dan akan memblokir aliran listriknya.

"Setelah 15 tahun, 6 Februari 2023, petugas PLN itu datang ke rumah, langsung mau diblokir," kata Tarzan Srimulat dalam video yang diunggah akun penulis Maman Suherman di Twitter.

Menurut keterangan anak Tarzan, ada alamat yang tidak sesuai. Selain itu, kesalahan bukan ada pada pelanggan.

"Yang diherankan, kalau kita memang ada kesalahan. Ada curi listrik, curi aliran. Kenapa nggak tahun itu? Setidaknya. Itu sudah 15 tahun, baru datang," kata anak Tarzan.

Imbas kejadian ini, Tarzan dan anaknya pun didenda Rp90 juta. Denda tersebut membuat sang pelawak melayangkan protesnya kepada pihak PLN.

Bahkan Tarzan mengaku diancam jika tidak membayar denda, aliran listrik di rumah anaknya akan diputus.

Hingga akhirnya Tarzan membayar denda yang dikenakan kepadanya dengan keringanan sampai Rp72 juta. 

"Dendanya Rp90 juta! Wooh, saya keberatan. Dan datang ke PLN, kemudian dapat keringanan membayar Rp72 juta. Tapi listrik pasang baru lagi," ujar Tarzan.

"Terpaksa saya bayar walaupun 2 tahun nggak dapet job. Pusiiing," tambahnya.

Tarzan kemudian meminta perhatian Erick Thohir selaku Menteri BUMN untuk mengusut masalah ini.

Melalui kasusnya, Tarzan Srimulat memberikan imbauan kepada pembeli rumah baru untuk berhati-hati terhadap aliran listrik di rumah yang lama.

"Jangan sekali-kali menggunakan aliran listrik yang lama. Mending daftar baru, supaya aman, nggak kayak saya," pungkasnya. (*)