Dibeli Fans hanya Rp 100 Juta, Kini Harga Mobil Mendiang Nike Ardila Tembus Rp10 Miliar 

Tangkapan layar Esge Entertainment

Beritariau.com, Jakarta - Bagi penggemar otomotif sebuah kendaraan memiliki nilai tersendiri. Terlebih, kendaraan tersebut memiliki nilai historis dan memorial.  Apalagi mobil tersebut bekas tokoh atau publik figure yang memiliki nama besar, seperti artis dan pembalap legendaris. Harganya tidak ternilai.

Tak terkecuali mobil almarhum penyanyi legendaris Indonesia Nike Ardilla. Sampai saat ini, mobil Honda Civic Genio yang ditunggangi Nike Ardilla dalam kecelakaan maut pada 19 Maret 1995 silam masih disimpan penggemarnya.  

Pengurus Nike Ardilla Fansclub, Emma Amrin mengungkapkan mobil Nike Ardila dibeli fansnya Lia Nathalia seharga Rp100 juta pada 27 tahun silam. 

"Dibeli sama Lia Nathalia lewat lelang, dibeli Rp100 juta. Itu zaman dahulu ya," ujar Emma dilansir Esge Entertainment, Selasa (1/3/2022).

Emma menuturkan, kondisi mobil saat ini agak kurang bagus karena beberapa onderdil rusak sehingga tidak bisa dijalankan. "Mungkin dalam kondisi kurang bagus karena onderdilnya ada yang rusak," kata Emma.  

Mobil berpelat nomor D 27 AK tersebut diketahui masih original seperti dulu. Hanya bagian pintu yang rusak diganti.  

“Dulu pintunya ini hancur ya, pintu aslinya ada di museum di Bandung. Ini duplikatnya, dibenerin. Kalau catnya masih original, enggak pernah ganti cat,” ujarnya.  

Emma mengatakan, banyak orang yang ingin membeli mobil tersebut. “Kalau yang mau beli mobil banyak banget yang pengen beli mobil ini, tapi kita kembalikan lagi ke Lia Nathalia,” kata Emma.  

Lia sempat bercanda akan melepas mobil itu jika ada yang menawar Rp10 miliar. “Dia bilang ke saya, kalaupun saya mau jual mobil ini, kalau ada yang mau katanya Rp10 miliar. Mungkin itu ungkapan dia tidak mau dijual ya," ujarnya. 

Secara spesifikasi, Civic Genio mengendong mesin 1.590 cc. Kapasitas tersebut sedikit lebih kecil dibanding rival dekatnya, Toyota Great Corolla yang punya pilihan mesin 1.600 cc (selain 1.300 cc).  

Honda Civic Genio juga menggunakan suspensi independen double wishbone di keempat roda. Ini menjadikan Genio lebih nyaman dikendarai. Civic Genio model awal menggunakan mesin berkode NC16 sedangkan untuk model kedua F16.  

Spesifikasi Honda Genio - Tipe Mesin: 4 silinder segaris SOHC 16 katup  Suplai Bahan Bakar PGM-FI  - Diameter x Langkah (mm): 75 x 90 Isi Silinder (cc): 1.590  - Perbandingan Rasio: 9,1:1  - Daya Maksimum: 120 hp @ 6.300 rpm  - Torsi Maksimum: 140,2 nm @ 5.500 rpm  - Transmisi: Otomatis torque converter/manual 5 kecepatan sinkromes  - Sistem Penggerak: Roda depan  - Sistem Kemudi: Power assist, rack and pinion  - Pengereman: Cakram (depan dan belakang)  - Suspensi: Independen double wishbone 4 roda  - Dimensi:  P x L x T (mm) 4.395 x 1.695 x 1.375  - Wheelbase (mm): 2.620  - Ground Clearance (mm):  160  - Berat Kosong (kg):  1.060 (manual), 1.140 (otomatis)  - Radius Putar (m): 5 Ukuran Ban:  185/60 VR14  - Kapasitas Tangki (liter):  45  - Kapasitas Tempat Duduk: 5  - Konsumsi BBM: 10 km/liter dalam kota, dan 12 km/liter. (*)