Asian Agri Bangun Fasilitas Sarana Air Bersih Rumah Ibadah

Beritariau.com, Peranap - Asian Agri, perusahaan perkebunan kelapa sawit Group Royal Golden Eagle (RGE) melalui Program Corporate Social Responsibility (CSR) atau kepedulian sosial perusahaannya membangun fasilitas air bersih berupa sumur bor sekaligus bak penampung air untuk Masjid Babul Janah, Kelurahan Peranap, Kecamatan Peranap, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu).

General Manager (GM) PT Rigunas Agri Utama (RAU), unit usaha Asian Agri, Friendky Rumahorbo mengatakan, CSR Asian Agri menyentuh berbagai sektor yang bersentuhan langsung ke masyarakat. 

"Kali ini, Asian Agri melalui PT RAU mengalokasikan CSR-nya penyediaan instalasi air bersih berupa pembangunan sumur bor bagi Masjid Babul Janah," ucapnya.

Menurut Friendky Rumahorbo, pengerjaan Sumur Bor yang lengkap dengan penampungan bak air telah dilakukan pada 19 November 2021, disaksikan Humas KPN Doni Zendrato, Koordinator CSR Eko Budi C, Ketua BKM Iskhariyanto beserta pengurus dan Lurah Peranap, Syafril.

"Perusahaan selalu berkomitmen untuk berperan dalam pembangunan yang bertujuan untuk kesejahteraan masyarakat. Kami berharap keberadaan sumur bor ini dapat bermanfaat untuk jamaah dan juga bagi warga sekitar untuk memenuhi kebutuhan air bersih sehari-hari," sebut GM PT RAU.

Doni Zendrato, Humas PT RAU menambahkan, sumur bor ini dibangun oleh Asian Agri sesuai kebutùhan masyarakat. "Bantuan ini merupakan salah satu dari bermacam program CSR yang telah diberikan perusahaan ke masyarakat," ucapnya.

Syafril, Lurah Peranap, mengucapkan terima kasih kepada Asian Agri, PT RAU yang telah memberikan bantuan sarana air bersih lengkap untuk masyarakat Kelurahan Peranap. 

Sebelumnya, kami menjumpai Humas perusahaan untuk berdiskusi tentang kebutuhan air bersih. "Permintaan kami langsung ditanggapi positif oleh perusahaan dan ditinjau di lokasi. Alhamdulillah kebutuhan ini diwujudkan," ungkapnya. 

Lurah membeberkan, keberadaan sumur di lingkungan ini cukup jauh dan hanya satu unit, sehingga warga harus menempuh jarak jauh untuk ambil air.

"Warga harus mengantri untuk mendapatkan air bersih, apalagi saat musim kemarau tiba, pasti lebih susah lagi. Jadi, dengan adanya sumur ini akan dapat dimanfaatkan oleh semua orang. Selain untuk berwudhu saat akan beribadah juga, air bersih ini juga akan sangat dibutuhkan oleh kurang lebih 30 KK di sini," katanya lagi.

Iskhariyanto, pengurus BKM Babul Janah menyebutkan, dengan adanya sumur ini, warga dipastikan tidak akan mengalami kesusahan lagi untuk berwudhu saat akan ibadah. "Semoga dengan adanya sarana ini, akan semakin banyak warga yang menjalankan ibadah di masjid ini," cetusnya.

Zulaikha (37) mewakili jamaah masjid sekaligus warga Kelurahan Peranap merasa gembira dengan adanya sumur bor ini. "Kami sekarang memiliki air bersih berkat bantuan perusahaan. Dulu kami harus menempuh jarak yang jauh untuk mengambil air dan antri lagi. Alhamdulillah kini kami memiliki air bersih dan bening," katanya.

Warga berjanji akan selalu menjaga dan merawat sumur ini, supaya tetap dapat dimanfaatkan bersama-sama sampai waktu yang lama. "Semoga Asian Agri - PT Rigunas semakin maju dan sukses," tutup Zulaika. *