Gempa Kedalaman Lebih 200 Kilometer

Gempa Bumi 3,9 SR Landa Kabupaten Kampar

Penulis : user | Sabtu, 05 Januari 2019 - 19:37 WIB

BMKG

Beritariau.com, Pekanbaru- Gempa bumi dengan skala 3,9 skala richter (SR) melanda Kabupaten Kampar, Sabtu pagi. Dalam keterangannya, Badan Meterologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan gempa terjadi dua kali.

Gempa pertama terjadi pada pukul  07.58 WIB, tepatnya pada detik keempat dengan kekuatan 3,9 SR. Lokasi gempa berada di titik koordinat 0,54 LU, 100,86 BT, Barat Laut, Kampar, dengan kedalaman 247 kilometer.

Sementara gempa kedua terjadi pada pukul 07.59 WIB, tepatnya pada detik kelima, dengan kekuatan 3,7 SR. Lokasinya berada di titik koordinat 0,55 LU, 100,76 BT, Barat Laut, Kampar. Berbeda dengan gempat pertama, gempa kedua ini lebih dangkal di kedalaman 241 kilometer.

Informasi gempa tersebut beredar luas di berbagai pengguna meda sosial di Pekanbaru. Informasi yang disampaikan secara berantai tersebut persis dengan informasi diatas. Namun, sejumlah warga baik yang berada di Kota Pekanbaru maupun Kampar, yang secara geografis bertetangga itu mengaku tidak merasakan dampak gempa tersebut.

Analis BMKG Stasiun Pekanbaru, Mia Vadilla membenarkan adanya gempa yang terjadi di wilayah tersebut. Dia mengatakan kedalaman gempa yang mencapai lebih dari 200 kilometer dan termasuk dalam kategori sangat dalam membuat tidak terasa di permukaan.

"Memang tercatat terjadi gempa di wilayah tersebut, namun kedalaman sangat dalam sehingga tidak terasa hingga ke permukaan," kata Mia usai mengkalrifikasi pernyataan sebelumnya.

"Untuk gempa yang seperti ini kami harus konfirmasi langsung ke pusat gempa di BMKG Pusat Jakarta," lanjutnya. [ard]

Laporkan Berita dan Peristiwa Sekitar Anda ! SMS ke : 081378705055 atau ke alamat email : redaksi@beritariau.com (harap lampirkan identitas diri).


Berita Terkait :

Komentar Via Facebook :