Eits! PNS berijazah palsu di Riau siap-siap diperiksa BKD

Ilustrasi | Beritariau.com 2015

Beritariau.com, Pekanbaru - Guna mengantisipasi adanya Pegawai Negeri Sipil (PNS) apalagi pejabat di daerah Riau yang menggunakan ijazah palsu, Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKP2D) Provinsi Riau bakal memverifikasi ijazah para PNS.

“Rencana kita memang sudah ada, tapi tentu untuk melakukannya harus ada payung hukumnya. Payung hukum itu sekarang yang belum ada, jadi kita masih menunggu,” kata Kepala BKP2D Riau Asrizal kepada wartawan, Selasa (16/06/15) di ruang kerjanya.

Pemerintah pusat, kata Asrizal, sedang membahas tentang pemeriksaan dan pengendalian administrasi Aparatur Sipil Negara (ASN). Hingga kini, belum ada instruksi untuk melakukan pemeriksaan ijazah PNS di Riau.

“PP (Peraturan Pemerintah, red) nya itu yang kita tunggu,” jelasnya.

Namun, dalam beberapa keadaan seperti penerimaan pegawai dan kenaikan pangkat, menurut Asrizal, keaslian ijazah tetap mejadi penilaian. Jika dalam verifikasi ijazah tersebut ternyata ada yang cacat, maka tidak akan dilakukan proses selanjutnya.

“Seperti tiga orang CPNS 2014 yang hingga kini masih diverifikasi BAN-PT, kita kan masih menunggu hasilnya sebelum diberikan NIP oleh BKN,” jelasnya.

Asrizal juga menginformasikan bahwa pada bulan Agustus nanti pemerintah pusat akan melakukan launching sistem pendataan ulang seluruh PNS se-Indonesia. Pendataan ulang tersebut akan diterapkan dari lembaga pemerintahan pusat hingga ke daerah-daerah.

“Dari situ juga mungkin bisa diperiksa keaslian ijazah PNS kita,” tutupnya. [Pan]