Tiang Reklame Tumbang di Jalan Tuanku Tambusai Pekanbaru Diduga Tak Ada Izin dan Kajian

papan reklame yang berada di Jalan Tuanku Tambusai tepat di persimpangan Jalan Duyung, Kota Pekanbaru, roboh diterjal angin kencang, Sabtu (21/5/2022) malam kemarin/ Foto: Jakop S

Beritariau.com, Pekanbaru - Tiang reklame yang berada di Jalan Tuanku Tambusai tepat di persimpangan Jalan Duyung, Kecamatan Marpoyan Damai, Pekanbaru, diduga tidak mengantongi izin dan kajian dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kota Pekanbaru.

Anggota Komisi I DPRD Kota Pekanbaru, H Fathullah, mendesak agar instansi terkait dalam hal imi DPM-PTSP Kota Pekanbaru, menyelidiki papan reklame yang tumbang tersebut. Apakah izin yang dikeluarkan sudah sesuai atau tidak.

"Ini kesalahan, kok bisa papan roboh begitu. Yang punya papan reklame kita minta bertanggungjawab ganti rugi semua kerugian akibat kejadian itu," ujar Fathullah, dikonfirmasi beritariau.com, Minggu (22/5/2022) petang.

Dinas ataupun pemilik reklame tidak bisa lepas tanggungjawab kejadian itu merupakan bencana alam. Menurut dia, dalam pendirian izin reklame harus ada kajian dari konsultan konstruksi yang menilai apakah pendirian papan reklame tersebut layak atau tidak.

"Makanya kalau kena angin kencang dan roboh, berarti ada kekurangannya. Kalau tidak ada konsultannya, kita pastikan pendirian papan reklame itu sudah menyalahi," ungkapnya.

Kepala Bidang (Kabid) Pengaduan, Kebijakan dan Pelaporan Layanan DPM-PTSP Kota Pekanbaru, Quarte Rudianto, dikonfirmasi mengaku bahwa pihaknya belum mengetahui apakah izinnya ada atau tidak.

"Yang keluarkan izin itu namanya pak Sahid. Kalau sekarang saya susah komunikasi, itu harus lihat data dulu, kalau saya pengaduan. Saya koordinasikan senin. Tiang itu siapa pemiliknya," ungkapnya.

Untuk diketahui, sebuah papan reklame yang berada di Jalan Tuanku Tambusai tepat di persimpangan Jalan Duyung, Kota Pekanbaru, roboh diterjal angin kencang, Sabtu (21/5/2022) malam kemarin.

Kondisi ini membuat gapura serta yang ada di sekitarnya rusak parah. Termasuk para pedagang yang berada di sekitar lokasi TKP.

Sebelumnya, BMKG Pekanbaru, telah mengeluarkan peringatan dini terkait potensi hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang, Sabtu (21/5/2022) dari Pukul 21.31 WIB hingga pukul 00.00 WIB.

Berdasarkan data itu, BMKG Pekanbaru, kondisi tersebut terjadi di sejumlah daerah di Provinsi Riau seperti Kabupaten Kampar, Kabupaten Rokan Hulu, Kuantan Singingi dan meluas di Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Siak serta kota Pekanbaru. (*)