Masuk Dalam 21 Tokoh Kristiani Tahun 2020

Sahat Martin Philip Sinurat Tokoh Kristiani Berpengaruh

Penulis : admin | Sabtu, 05 Desember 2020 - 11:47 WIB

Sahat Martin Philip Sinurat (Ist)

Jakarta, - Setiap akhir tahun, Majalah NARWASTU selalu hadir dengan sajian khusus, yakni menampilkan “21 Tokoh Kristiani Pilihan Majalah NARWASTU”, selain menyajikan tulisan-tulisan seputar Natal dan menyambut tahun baru. Seperti tahun-tahun lalu, tokoh-tokoh yang ditampilkan ini merupakan figur yang pernah diberitakan di majalah ini.

Dan mereka dianggap Tim Redaksi Majalah NARWASTU figur yang inspiratif, mampu memotivasi, Pancasilais dan peduli pada permasalahan gereja dan masyarakat. Ke-21 figur ini diseleksi Tim Redaksi NARWASTU dari 100 lebih tokoh Kristiani yang pernah dipublikasikan Majalah NARWASTU.

Dan ada di antaranya berlatar belakang rohaniwan, akademisi, pakar hukum, pimpinan partai politik, wakil rakyat, pimpinan gereja, motivator, pejabat negara, jenderal purnawirawan, pengusaha, pimpinan ormas Kristen dan jurnalis. Majalah NARWASTU menilai mereka adalah sosok-sosok berpengaruh dan bisa menjadi teladan di tengah masyarakat.

“Tokoh-tokoh yang kami tampilkan ini dikenal karena aktivitasnya yang menginspirasi, punya ide-ide atau pemikiran-pemikiran yang inovatif, mencerahkan, bahkan kontroversial, sehingga tak jarang jadi pembicaraan publik atau pemberitaan di media,” kata Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi Majalah NARWASTU, Jonro I. Munthe, S.Sos, kepada pers baru-baru ini di Jakarta.

“Tokoh Kristiani yang ditampilkan ini, kembali kami garisbawahi merupakan sosok yang pernah muncul dalam pemberitaan majalah ini. Dan mereka pernah ‘membuat berita’ atas kiprah atau kegiatannya yang positif. Ke-21 tokoh ini bukanlah figur yang sempurna, karena mereka pun manusia biasa. Namun kami menilai mereka insan-insan Indonesia yang ikut membangun peradaban di tengah masyarakat dan bisa menularkan nilai-nilai kebaikan atau hal-hal yang positif pada sesama. Dan ke-21 tokoh ini sudah kami seleksi sejak Agustus 2020 lalu, dan profil singkat yang dipublikasikan ini merupakan apresiasi kami sebagai insan media bagi mereka di akhir tahun 2020 ini,” pungkas Jonro Munthe, yang merupakan lulusan Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Jakarta, alumni Lembaga Pendidikan Pers Doktor Soetomo (LPPDS) Jakarta, dan peraih award sebagai “Jurnalis Muda Motivator 2009 dari Majelis Pers Indonesia.”

Ke-21 tokoh Kristiani 2020 pilihan Majalah NARWASTU kali ini, yakni (1) Mayjen TNI (Purn.) Jan Pieter Ate, M.Bus, M.A., (Mantan petinggi di Kementerian Pertahanan RI), (2) Febry Calvin Tetelepta, M.H. (Deputi I Kantor Staf Presiden RI), (3) Pdt. Dr. Victor Tinambunan, MST (Teolog HKBP), (4) Pdt. Wilhelmus Latumahina/alm. (Pencipta lagu “Hidup ini Adalah Kesempatan“), (5) Kamaruddin Simanjuntak, S.H. (Pengacara), (6) Dr. Rofinus Neto Wuli, Pr. S.Fil., M.Si (Rohaniwan), (7) Hulman Panjaitan, S.H., M.H. (Pakar hukum), (8) Yunie Murwatie, S.E., CTM (Pengusaha), (9) Dr. Sahat HMT Sinaga, S.H. (Penatua gereja dan notaris), (10) Derman P. Nababan, S.H., M.H. (Hakim Pengadilan Negeri), (11) Pdt. Nicodemus Sahbudin, M.Th, M.A. (Pemuka masyarakat Dayak dan rohaniwan), (12) Danang Priyadi, M.M. (Motivator), (13) Darwis Manalu (Pengusaha dan penatua gereja), (14) Dr. Ir. Rahmat Manullang, M.Si (Cendekiawan), (15) Frans M. Panggabean, M.M., MBA (Pengusaha), (16) Dwi Sapta Sedewa Brata (Cendekiawan), (17) Murfati Lidianto, S.E., M.A. (Anggota DPRD Kota Bekasi), (18) Maretta Dian Arthanti (Anggota DPRD Banten), (19) Dr. Ir. Martuama Saragi, M.M. (Tokoh masyarakat), (20) Drs. Paul Maku Goru, M.M. (Jurnalis senior), dan (21) Sahat M.P. Sinurat, S.T., M.T. (Pimpinan ormas Kristen). 

Pendiri Rumah Milenial Indonesia dan Sekretaris Umum GAMKI

Muda, gesit dan cekatan. Itulah sosok muda, Sahat Sinurat, S.T., M.T., pria kelahiran Pekanbaru, 1 Maret 1989, yang merupakan alumni S1 dan S2 dari ITB (Institut Teknologi Bandung). Saat ini ia dipercaya sebagai Sekretaris Umum DPP Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI). Pemilik nama lengkap Sahat Martin Philip Sinurat ini, sebelum menjadi Sekretaris Umum DPP GAMKI ia adalah Ketua Umum Pengurus Pusat Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) masa bakti 2016-2018.

Sahat terpilih menjadi Ketua Umum PP GMKI yang berlangsung pada 23-30 Agustus 2016 lalu di Gedung Seminari HKBP Sipoholon, Tarutung, Tapanuli Utara, Sumatera Utara. Peserta saat itu memilih Sahat Sinurat dari GMKI Cabang Bandung sebagai Ketua Umum GMKI masa bakti 2016-2018. Tentu rekam jejak Sahat Sinurat, yang juga mantan Calon DPD RI No. 43 di Riau di Pemilu 2019 lalu, yang selama bertahun-tahun berjuang untuk melawan radikalisme, intoleransi dan diskriminasi di Indonesia cukup menonjol.

Dan ia sempat berjuang untuk menjadi Calon DPD-RI agar dapat memperjuangkan dan membela hak setiap warga negara untuk beribadah dan memeluk agama di negeri ini. Dan ia berharap agar ada generasi muda yang setia berjuang dan berani bersuara, serta dapat menjalin hubungan yang baik dengan tokoh lintas agama. Dari jejak rekamnya ia tercatat merupakan pendiri Rumah Milenial Indonesia, penggagas buku “Pancasila Rumah Bersama”, dan aktif di Pokja Pelayanan Kepemudaan Kemenpora RI.


Bagi Sahat, GAMKI adalah OKP Kristen terbesar di Indonesia dengan ratusan DPC dan puluhan DPD yang memiliki tugas untuk menjaga keutuhan bangsa serta memperjuangkan keadilan dan kesejahteraan bagi semua umat. Selain di GAMKI, Sahat merupakan Ketua Bidang Kepemudaan dan Pengembangan Milenial DPP Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI). Dia tergolong tokoh muda nasionalis yang cerdas dan energik, makanya di KNPI  ia diperhitungkan. Pendiri Rumah Milenial Indonesia ini menyampaikan, di tengah perkembangan zaman yang sangat cepat, GAMKI harus juga berjalan cepat, bahkan melakukan lompatan-lompatan besar agar tidak tertinggal oleh pesatnya perkembangan zaman.

Saking aktifnya di dunia pergerakan namanya dikenal oleh banyak kalangan, baik oleh senior GMKI, tokoh politik, pemuka masyarakat dan tokoh lintas agama. Dulu namanya sempat disebut-sebut dalam bursa calon Menteri Kabinet Jokowi-Maruf. Dan ini cukup membuktikan figur Sahat tak bisa dipandang sebelah mata. Pendidikan formalnya dimulai dari SD St. Antonius III Medan, SMP Cahaya Medan, SMA Negeri 1 Medan, Sarjana Institut Teknologi Bandung (ITB) Teknik Geodesi dan Magister dari ITB Studi Pembangunan. Sahat mewakili intelektual muda saat ini, dan baginya, kaum muda tak cukup meneriaki kegelapan, tapi katanya mari nyalakan lilin dan beri kehangatan. Ia dulu menekuni Jurusan Teknik Geodesi dan Geomatika di Institut Teknologi Bandung, yang merupakan salah satu bidang ilmu kebumian yang berkaitan erat dengan lingkungan fisik bumi.

Di jurusan ini akan banyak melakukan survei, dan pemetaan. Sedangkan Teknik Geomatika adalah bidang ilmu modern yang mengintegrasikan pengumpulan, pemodelan, analisis dan manajemen data spasial, berbasis lokasi. Pada Selasa sore, 6 Oktober 2020 lalu kantor Majalah NARWASTU dikunjungi Sahat Sinurat dan Ketua Bidang Pengembangan SDM dan Kaderisasi DPP GAMKI, Dodi Lapihu. Kunjungan keduanya diterima Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi NARWASTU, Jonro I. Munthe, S.Sos dan anggota Redaksi NARWASTU Hotman Lumban Gaol, S.Th. Mereka berdiskusi lebih dari dua jam tentang gerakan kemanusiaan dan pelayanan yang diadakan GAMKI selama wabah Covid-19 ini. Sembari menyeduh kopi dan menikmati kue bolu, tak jarang mereka tertawa renyah saat berdiskusi.

Sahat Sinurat mengatakan, publikasi media, termasuk media Kristen terhadap pelayanan mereka di tengah gereja dan masyarakat amat membantu, sehingga masyarakat tahu aksi mereka. “Kami tentu termotivasi dengan pemberitaan media Kristen atas kegiatan kami, mulai saat saya memimpin GMKI hingga GAMKI sekarang,” ujar Sahat.

Sahat Sinurat yang merupakan mantan aktivis mahasiswa di Institut Teknologi Bandung (ITB) Bandung menerangkan, bersama jajaran pengurus DPP GAMKI di masa wabah Covid-19 ini mereka telah melakukan tiga aksi, terutama di DKI Jakarta dan sekitarnya. Pertama, mendistribusikan sumbangan sembako yang diterima dari para senior GAMKI dan Bareskrim Polri bagi anak-anak muda perantau yang terdampak Covid-19.

Kedua, membuka dapur umum, yang menyiapkan nasi bungkus dan lauk berupa telur dan ayam kepada kaum muda dan orang-orang yang amat membutuhkan di DKI Jakarta dan sekitarnya. Ketiga, memberi konseling kerohanian dan motivasi lewat online, yang ditangani psikolog dan pendeta.

Salah satu pengurus DPP GAMKI yang juga mantan aktivis GMKI Cabang Bandung, Hendrik Sinaga, S.H., M.H. kepada Majalah NARWASTU menuturkan, figur Sahat Sinurat memang energik dan cerdas. Serta jaringannya bagus, sehingga amat layak jadi Sekretaris Umum GAMKI.

“Di tangan dia sekarang, GAMKI aktif menggelar kegiatan-kegiatan diskusi atau aktivitas intelektual. Juga saat masa wabah Covid-19 ini bersama Ketua Umum DPP GAMKI ia menunjukkan GAMKI peduli pada anak-anak muda perantau dan mahasiswa yang terkena dampak corona ini. Sehingga sembako bisa disalurkan mereka. Itu patut kita apresiasi,” ujar Hendrik Sinaga yang juga pengacara dan Pemimpin Redaksi Majalah “Integritas.” (Narwastu.ID)

Laporkan Berita dan Peristiwa Sekitar Anda ! SMS ke : 081378705055 atau ke alamat email : redaksi@beritariau.com (harap lampirkan identitas diri).


Berita Terkait :

Komentar Via Facebook :