MTsN 2 Pekanbaru Menuju Perpustakaan Digital 

MTsN 2 Pekanbaru menggelar kegiatan Diklat Pengelolaan Perpustakaan Madrasah, Pustaka Tabrani Rab Matsada/Humas

Beritariau.com, Pekanbaru – MTsN 2 Pekanbaru menggelar kegiatan Diklat Pengelolaan Perpustakaan Madrasah, Pustaka Tabrani Rab Matsada, Senin (23/1/2023) di CBT MTsN 2 Pekanbaru.

Kegiatan Diklat ini diikuti oleh 10 orang perwakilan 10 guru yaitu Ka Perpus Matsada, 3 orang guru dari Bahasa Indonesia, 3 orang guru dari tim humas, 1 orang dari penggerak literasi, 1 orang perwakilan guru IPA sekaligus dari Wakil Kurikulum. 

Diklat dibuka langsung oleh Kepala Madrasah, Fitrisma Rais, M.Pd dan pemateri oleh Ade Candra Santosa selaku IT Konsultan CV. Mitra Mandiri Santosa yang bergerak di bidang IT khususnya software development, website dan juga Trainer di bidang IT. 

Kepala MTsN 2 Kota Pekanbaru, Fitrisma Rais, M.Pd menjelaskan Pengelolaan Perpustakaan Madrasah ini bertujuan untuk mencapai Perpustakaan Digital di Era IT yang saat ini mempermudah segala akses termasuk ke dalam akses informasi bacaan. 

"Diklat ini menjadi dasar pertama untuk Madrasah memulai program digitalisasi di perpustakaan Matsada," katanya.

Lebih lanjut, Fitrisma mempertegas agar Diklat Pustaka Digital ini dapat memiliki tindak lanjut untuk mempercepat penyelesaian data base buku perpustakaan Matsada.  

"Terkhusus kepada Ka Perpustakaan diharapkan untuk memastikan rencana aksi tersebut berjalan sebagaimana dengan target yang sebelumnya sudah disusun," ujarnya.

Sementara itu, Ade selaku pemateri membawa peserta diklat untuk mengeksekusi buku-buku bacaan yang ada di Pustaka Tabrani Rab Matsada untuk diberi pengkodean agar mempermudah dalam publish ke data base Pustaka Digital. 

"Matsada memiliki banyak buku bacaan yang mengharuskan diklat ini akan tetap berlanjut. Tujuan utama diklat ini tentunya untuk mempermudah guru dan siswa dalam akses peminjaman buku juga dalam literasi yang nantinya hanya melalui teknologi digital yakni Smartphone," pungkasnya. (*)