PN Pekanbaru sembelih satu ekor Hewan Kurban

Beritariau.com, Pekanbaru - Keluarga besar lingkungan Pengadilan Negeri (PN) Pekanbaru menggelar pemotongan hewan kuban di Hari Raya Idul Adha, Selasa (20/7/21).

Hadir langsung dalam penyembelihan hewan qurban ino Ketua PN Pekanbaru DR Dahlan SH MH, Panitera DR Ahyar SH MH, seluruh hakim, para pegawai di lingkungan PN Pekanbaru. Pemotongan hewan ini dilaksanakan di halaman samping PN Pekanbaru.

"Alhamdulillaah, tahun ini kami bisa melaksanakan penyembelihan hewan kurban di PN Pekanbaru. Tahun ini ada satu ekor sapi, namun Insya Allah tahun depan akan kita tambah lagi," kata Dahlan.

Nantinya, daging hewan kurban ini akn diberikan kepada sejumlah pegawai dan honorer, petugas cleaning service di PN Pekanbaru. Termasuk, masyarakat di sekitar lingkungan PN Pekanbaru

Pada kesempatan itu, Dahlan mengatakan, makna dan hakikat kurban Idul Adha adalah bentuk keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT, 

"Bahwa kita harus kembali kepada tujuan hidup, yaitu beribadah kepada Allah. Karena manusia dan jin tidaklah diciptakan, kecuali untuk beribadah," ungkapnya.

Dikatakannya, sebagaimana ujian Allah kepada nabi Ibrahim, hikmah dari segala peistiwa qurban tidak lain tidak bukan adalah untuk memperoleh ridha Allah melalui ibadah dengan menjalankan apa yang menjadi perintah Allah. Namun, tidak sekadar ibadah, manusia juga harus ikhlas dalam menjalankan setiap perintah Allah. 

"Kalau tidak, apa yang kita kerjakan dan menurut kita ibadah, itu menjadi sia-sia karena tidak dilakukan dengan ikhlas. Inilah hakikat dari peristiwa qurban dalam idul adha," tuturnya. (red)