4.366 Rumah di Rohul Terendam Luapan Banjir

Ilustrasi | Beritariau.com 2014

Beritariau.com, Rohul - Banjir yang melanda Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) semakin meluas. Hingga hari ini terdata, sedikitnya 4.366 rumah warga yang di 6 (enam) kecamatan masih terendam air.

Data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Rohul menyebutkan, ribuan rumah warga di beberapa kecamatan masih tergenang air.

Diantaranya, di Kecamatan Rambah Hilir terdata sebanyak 1.476 kepala keluarga (KK), Kuntodarussalam 212 KK,  Pagarantapah Darussalam 187 KK, Tambusai 165 KK, Kepenuhan Hulu 153 KK dan yang terparah terdapat di Bonai Darussalam yaitu sejumlah 2.173 KK. Total data keseluruhan yakni 4.366 KK.

Banjir yang terjadi sepekan terakhir ini menyebabkan bertambahnya korban dan semakin luasnya daerah yang terkena dampak banjir.

Kepala BPBD Rohul, Aceng Hardiana Selasa (18/11/14) mengatakan, pihaknya telah memberlakukan tanggap darurat bencana banjir secara maksimal.

"Kita telah menurunkan 500 anggota BPBD Rohul," ujarnya di Pasir Pangaraian.

Selain anggota BPBD, dia juga mengakui bahwa pihaknya dibantu oleh beberapa  tenaga medis, tenaga sukarelawan yang berasal dari berbagai kalangan yakni dari  anggota TNI, Polri, PNS, mahasiswa dan organisasi kepemudaan.

"Mereka telah siap untuk membantu evakuasi korban dilapangan jika terjadi banjir yang lebih besar lagi," ucapnya.

Dia mengungkapkan, selain menempatkan anggotanya di titik-titik rawan, BPBD Rohul juga telah menyiapkan logistik makanan siap saji serta obat-obatan yang bisa digunakan kapan saja.

Meski banjir telah merendam perumahan  di beberapa kecamatan, jalan raya dan jalan lintas, sampai hari ini belum ada laporan mengenai korban jiwa, dan masyarakat tetap berupaya melakukan aktivitasnya seperti biasa. [cp]