Belasan Tahun Berdiri, Kini Pasar Arengka Pekanbaru Tinggal Nama

Escavator Pemko Pekanbaru Ratakan Bangunan Kios PKL Pasar Arengka | Beritariau.com 2014

Beritariau.com, Pekanbaru - Puluhan Kios para Pedagang Kaki Lima (PKL) Pasar Pagi Arengka, Senin (17/10/14) akhirnya diratakan. Eksekusi ini sebelumnya mendapat pertentangan dari para PKL.

"Sepotong surat pun tak ada disampaikan kepada kami terkait pembongkaran. Informasi yang masuk kepada kami adalah sosialisasi terhadap bangunan toko mas yang manyalahi aturan," kata Ketua Asosiasi PKL Pasar Arengka Harianto kepada wartawan.

Sedikitnya 500 personel Satuan Gabungan yang terdiri dari, TNI, Polri, Dinas Damkar, Dinas Pasar, Satpol PP Pekanbaru dan Provinsi Riau, tiba pukul 10.00 WIB dengan membawa escavator.

Sempat berdebat, para PKL Pasar arengka meminta untuk toko mas yang berada di simpang jalan Adi Sucipto agar duluan dibongkar. Tanpa perlawanan sengit dari pedagang, Escavator pun bergerak merobohkan kios-kios itu.

Mengantisipasi para PKL yang akan kembali tumpah jalan, Kepala Satpol PP Pekanbaru, Zulfahmi Adrian akan melakukan pengawasan 24 jam.

"Pegawasan kedepan akan dilakukan terus. Kita tempatkan Satpol PP beberapa minggu kedepan. Sehingga tak ada lagi pedagang yang masuk. 24 jam akan dijaga," kata Zulfahmi.

Eksekusi penertiban PKL ini pun jadi tontonan warga dan pengguna ruas Jalan Soekarno Hatta. Akibatnya, kemacetan pun tak terhindarkan.

 

Proses Eksekusi Menjadi Tontonan Warga | Beritariau.com 2014

 

Doni salah satu pengguna jalan yang melintas dengan sepeda motor, menghentikan kendaraannya untuk bertanya dan melihat proses eksekusi lahan itu.

"Dari jam berapa? Iya neh sudah wajar digusur, jadi macet dan becek jalanan. Apa lagi setiap selesai hujan, bau nya busuk," ketus Doni.

Kerumunan warga yang ingin melihat akhir riwayat pasar yang sudah belasan tahun berdiri ini, membuat macet jalan. Sejumlah petugas Polantas dan Dishub terlihat meneriaki para pengguna jalan baik roda empat.

"Pak-pak, jalan pak, jadi macet pak," ujar petugas Polantas tersebut. [mar]