Retak, DPRD Desak PT Hasrat Tata Jaya Perbaiki Jembatan di Rohul

DPRD Rohul Tinjau Kondisi Jembatan Sungai Boncah Ketapang di Kecamatan Kunto Darussalam Rohul | Beritariau.com 2014

Beritariau.com, Rohul - Zulfahmi, anggota DPRD Rokan Hulu (Rohul) dari fraksi PDI Perjuangan (PDIP) dari Daerah Pemilihan (Dapil) Kecamatan Kunto Darussalam meminta kontraktor segera memperbaiki jembatan yang retak di Sungai Boncah Ketapang Bukit Juragan.

Pasalnya, proyek jembatan itu, masih berstatus pemeliharan oleh kontraktor itu hingga tahun 2015 mendatang. Sebab itu, pihak kontraktor masih berkewajiban sebelum pekerjaannya dibayar lunas tahun depan.

Menurutnya, sebelum dibayarkan oleh Pemerintah, kontraktor yang mengerjakan proyek itu agar mengupayakan pembangunan Turap (penahan) sepanjang 30 meter dibagian kiri dan kanan. Apalagi, lanjutnya, saat ini kondisi jembatan sudah retak dari ujung kiri dan kanan.

"Untuk biaya mulytiyears pembangunan jembatan dan pengaspalan jalan itu, memakan biaya APBD Rohul sebesar Rp50 Milyar," jelas Ifal, panggilan akrab Zulfahmi.

Ifal mengungkapkan, dalam waktu dekat, pihaknya akan melaporkan hal itu ke Dinas Bina Marga dan Pengairan agar kontraktor yang diketahui PT Hasrat Tata Jaya, bisa memperbaikinya. Sebab, selain sebagai akses perekonomian warga, jembatan itu merupakan penghubung Kecamatan Kunto Darussalam dengan Kecamatan Bonai Dasrussalam.

Diketahui, proyek pemeliharaan jembatan itu merupakan bersumber dari anggaran APBD Multiyears sejak tahun 2012 dan selesai dibangun pada 2014. Proyek itu, akan dibayarkan pada tahun 2015 mendatang.

Zulfahmi menambahkan, jika jembatan itu tak diperbaiki dalam waktu dekat, diperkirakan akan ambruk dan terbawa arus air yang semakin kencang.

Ia mengatakan, jika sudah dibayar oleh pemerintah tahun 2015 mendatang, sulit untuk pemerintah meminta pertanggungjawaban apalagi melakukan gugatan. [cp]

Tags :# politik