Banjir Rendam Jalan Lintas Antar Kabupaten Rohul - Bengkalis

Banjir Rendam Jalan Lintas Antar Kabupaten | Beritariau.com 2014

Beritariau.com, Rohul - Jalan Lintas Simpang Kumu Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) menuju Kota Duri kabupaten Bengkalis tepatnya di Dusun Muara Nikum Desa Rambah Hilir Tengah, terendam banjir.

Ketinggian air yang menggenangi jalan lintas itu mencapai 1 meter. Banjir ini merupakan akibat dari meluapnya sungai Batang Lubuh di Pasir Pengaraian, Rohul. Selain Jalan Lintas, air juga menggenangi puluhan rumah warga di kecamatan Rambah Hilir.

Sejak sekitar pukul 08.00 pagi hingga sore ini, ketinggian air masih mencapai 1 meter. Diperkirakan, banjir akan semakin besar karena cuaca terlihat belum bersahabat.

Walau digenangi air, warga sekitar masih berupaya melewati jalan tersebut. Menurut warga, air yang menggenang ini, belum terlalu membahayakan jiwa mereka.

Bahkan, beberapa anak-anak terlihat bermain di area banjir dengan perasaan senang. Mereka berlarian saling kejar dengan temannya yang lain.

Kasman, salah seorang warga desa Rambah Hilir Tengah, Senin (18/11/14) sore mengatakan bahwa, banjir yang terjadi di jalan ini merupakan banjir kiriman dari hulu sungai. Sebab, banjir sudah terjadi di hulu, jadi saat ini mulai merambat ke daerah hilir.

Banjir ini, tak bikin warga panik. Sebab, pada bulan Oktober, November dan Desember setiap tahun, banjir pasti datang. Bahkan, luapan air kali ini, tergolong masih rendah dibandingkan tahun 2013 lalu.

Alasannya, banjir saat ini hanya merendam jalan lintas dan puluhan rumah di pemukiman rendah, sedangkan tahun sebelumnya, air banjir seperti air laut menggenangi hampir seluruh rumah warga. [cp]