Banjir Masih Terus Hantui Riau

BPBD Riau : Lima Kabupaten Terendam Banjir

Penulis : user | Sabtu, 10 November 2018 - 22:46 WIB

Beritariau.com, Pekanbaru - Lima kabupaten di Riau terdampak bencana banjir. Masing-masing daerah tersebut memiliki sungai yang meluap, setiap kali musim hujan datang. Tak ayal, dataran yang rendah mengalami banjir.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau Edwar Sanger mengaku telah memantau semua lokasi banjir. Dia melihat musibah banjir di lima kabupaten di Riau tergolong paling parah, dan kini ditetapkan sebagai status darurat banjir.

“Kami tetapkan 5 daerah dengan status siaga darurat banjir dan longsor. Yakni di Kabupaten Pelalawan, Rokan Hulu, Rokan Hilir, Indragiri Hulu dan Kuantan Singingi,” ujar Edwar, Sabtu (10/11/2018).

Edwar menjelaskan, untuk Pelalawan status siaga darurat banjir terhitung dari 17 Oktober hingga 30 Desember 2018. Kemudian status tanggap darurat banjir di Rokan Hulu terhitung sejak 12-27 Oktober 2018.

“Sementara Rokan Hilir, status darurat dari 19 Oktober hingga 2 November, dan status tanggap darurat dari 24 Oktober hingga 7 November. Untuk Indragiri Hulu status tanggap darurat ditetapkan sejak 5-25 November 2018,” terang Edwar.

Sementara itu, Kuantan Singingi ditetapkan status tanggap darurat banjir sejak 3-16 November 2018. Bukan sembarangan, Edwar menyebutkan Penetapan status tersebut dilakukan berdasarkan laporan yang telah diterima dari masing- masing kabupaten.

"Jadi dengan penetapan ini kita konsentrasi melakukan penanggulangan bencana banjir. Kita beri bantuan logistik, sandang pangan kepada masyarakat. Tenda pengungsian kita dirikan bagi masyarakat yang mengungsi, serta patroli keliling pemukiman warga untuk memonitor segala kemungkinan yang terjadi," pungkasnya. [ard]

Laporkan Berita dan Peristiwa Sekitar Anda ! SMS ke : 081378705055 atau ke alamat email : redaksi@beritariau.com (harap lampirkan identitas diri).


Berita Terkait :

Komentar Via Facebook :