Momen Mudik 2024, Angka Lakalantas di Riau Turun 14 Persen

Ilustrasi/Net

Beritariau.com, Pekanbaru - Polda Riau menyatakan selama momen mudik lebaran tahun ini, angka kecelakaan lalu lintas (Lakalantas) mengalami penurunan dibandingkan musim mudik 2023 lalu. 

Dirlantas Polda Riau Kombes Taufiq Lukman Nurhidayat menjelaskan secara umum kamtibmas dan kamseltibcarlantas selama Ops Ketupat LK-2024 dapat dikendalikan dengan baik. 
"Terjadi penurunan data kecelakaan selama Ops Ketupat LK-2024 sebanyak 284 kasus dibandingkan dengan Ops Ketupat LK-2023 yang mencapai 329 kasus. Penurunan ini berarti berkurang 45 kasus atau turun 14%," ungkapnya Rabu (17/4/2024). 

Menurutnya selama Ops Ketupat LK-2024, tidak ditemukan kejadian menonjol atau kemacetan panjang yang mengganggu pelaksanaan mudik dan balik lebaran Idulfitri 1445 H. 

Kapolda Riau Irjen Mohammad Iqbal mengucapkan terima kasih atas kerja sama semua pihak yang telah bekerja sama untuk mengamankan masyarakat saat mudik lebaran. 

Iqbal menjelaskan sinergitas yang baik dilaksanakan antara Polda Riau, Pemprov Riau, Korem 031/Wirabima, BPTD, BPJN, Dishub, Jasaraharja Provinsi, Hutama Karya, yang menjadikan operasi ini berjalan dengan lancar dan aman. 

"Saya menyampaikan terima kasih kepada semua pihak, mulai dari Pak Gubernur, Danrem, dan pihak lainnya yang telah bekerja keras dalam mensukseskan Ops Ketupat LK-2024 ini," ujar Iqbal. 

Keberhasilan Polda Riau dalam mengamankan arus mudik-balik Idulfitri 1445 H mendapat apresiasi banyak pihak. Salah satunya dari Ketua DPRD Riau Yulisman.  

Menurut Yulisman arus mudik-balik tahun ini, berjalan sangat baik tanpa ada kendala yang berarti. Hal ini tidak terlepas dari pelayanan dan pengayoman yang diberikan oleh Polda Riau dan jajaran kepada masyarakat.  

"Kami apresiasi Polda Riau di bawah komando Irjen Mohammad Iqbal sebagai Kapolda beserta jajaran, kinerjanya sukses. Termasuk juga jajaran TNI yang telah maksimal dalam pengamanan di setiap pos pengamanan dan pos pelayanan," pungkasnya. (*)