Polisi Incar IA, terduga Pemilik

Kian Marak, Polisi gerebek ilegal logging di Bengkalis

Penulis : user | Kamis, 14 Mei 2015 - 11:13 WIB

Lokasi ilegal logging di Bengkalis yang di gerebek polisi | Beritariau.com 2015

Beritariau.com, Bengkalis - Dalam tempo seminggu, jajaran Polres Bengkalis berhasil mengungkap aksi pembalakan dan perambahan hutan alias ilegal logging yang dilakukan oleh oknum mafia hutan yang marak beroperasi di pulau Bengkalis seperti yang terjadi di Desa Pematang Duku Timur Kecamatan Bengkalis.

Penelusuran Beritariau.com, Senin (11/05/15), sekitar pukul 02.30 Wib saat operasi gabungan yang dipimpin oleh Kapolsek Bengkalis AKP Meby Trisono bersama Kanit Tipiter Iptu Budi CH Butar Butar dan sejumlah personil Polres dan Polsek Bengkalis dengan bersenjata lengkap.

Tampak jelas, saat di Hutan, sejumlah tempat olahan kayu berbentuk Sawmil masih berdiri rapi ditengah hutan dengan bekas potongan kayu baru hingga menggunung tingginya.

Selain itu juga ditemui puluhan kayu ukuran besar yang baru ditumbangkan menggunakan mesin chain saw (baca : sinso) kemudian diolah menggunakan mesin selendang pembelah. Hasilnya, berton-ton kayu olahan siap edar.

Dalam operasi itu, juga sempat terjadi kejar-kejaran antara Polisi dengan pelaku Ilegal loging. Anggota kepolisian sempat memberikan tembak peringatan. Namun sayang, dengan cepat para pelaku berhasil melarikan diri.

Meski kabur, pihak kepolisian menemukan 1 unit HP yang diduga milik pekerja. Dari pemeriksaan pada hp itu, polisi menemukan beberapa nama yang diduga terlibat dalam aktivitas pembalakan liar itu. Salah satunya, berinisial IA. warga ketam putih yang diduga pemilik tempat pengolahan kayu itu.

Polisi juga menyita beberapa barang bukti (BB) berupa tiga Unit mesin selendang pembelah kayu dan beberapa sepeda yang digunakan untuk pembalakan liar itu.  

"Berawal dari laporan masyarakat dan kita langsung menyiapkan tim gabungan dari Polres Bengkalis dan Pihak Polsek Bengkalis dan langsung ke lapangan. Kita memang sempat menemui pelaku perambahan. Namun mereka berhasil melarikan diri," kata Kapolsek Bengkalis AKP Meby Trisono, kepada Beritariau.com saat di lokasi.

Lanjut Meby, beberapa hari lalu, pihaknya juga melakukan razia tempat yang sama perambahan hutan dan ilegal loging.

"Saat itu belum berhasil meringkus tersangka. Cuma berhasil kita amankan beberapa mesin chain saw dan barang-barang lainnya," ungkap Meby.

Meby mengaku, pihaknya akan selalu memantau tempat yang diduga sering terjadi tempat ilegal loging. Pasalnya, para pelaku tampaknya sama sekali tak merasa takut.

"Kita akan melakukan tindakan tegas. Siapapun yang melakukan ilegal logging akan mendapat hukuman seberat-beratnya sesuai UU yang berlaku," tutupnya.

Dalam operasi yang berakhir pukul 22.00 wib itu, sejumlah barang bukti dibawa ke Mapolres Bengkalis untuk di lakukan penyelidikan lebih lanjut. [ali]

Laporkan Berita dan Peristiwa Sekitar Anda ! SMS ke : 081378705055 atau ke alamat email : redaksi@beritariau.com (harap lampirkan identitas diri).


Berita Terkait :

Komentar Via Facebook :