Di Bully di Facebook, Bupati Kep Meranti Irwan Nasir "Cuek"

Ilustrasi Bupati Meranti Irwan Nasir di Facebook | Beritariau.com 2014

Beritariau.com, Selat Panjang - Bupati Kepulauan Meranti, Irwan Nasir mengaku sering mendapat laporan dari bawahannya soal banyaknya akun facebook yang mem-bully dirinya, bahkan ada akun facebook yang mengatas-namakan dirinya padahal ia mengaku tak pernah membuat akun facebook.

Terbaru akun facebook yang seakan-akan mengatasnamakan dirinya adalah Irwa N IrwaN. Akun tersebut juga memajang foto orang nomor satu di Kepulauan Meranti itu. Sebelumnya, bahkan ada akun Irwan Nasir yang memajang foto Bupati berpakaian lengkap, namun sudah dihapus pemiliknya.

“Itu bukan akun facebook saya. Mohon sampaikan ini ke masyarakat agar tak salah persepsi. Saya tak pernah buka facebook karena saya tak punya akun facebook. Saya kira lebih baik memanfaatkan waktu memikirkan bagaimana caranya membangun daerah ini daripada main facebook,” tegas Irwan, Minggu (23/11/14).

Irwan juga menegaskan bahwa komentar-komentar di akun facebook yang mem-bully dirinya itu tak akan pernah membuatnya terganggu dalam menjalankan pembangunan daerah ini.

Menurutnya, program membangun daerah ini sudah melalui sistem yang diamanahkan undang-undang mulai dari pembahasan di tingkat desa, lalu musrenbang tingkat kecamatan hingga pembahasan di tingkat kabupaten serta mendapatkan pengesahan DPRD selaku lembaga perwakilan rakyat.

"Saya dengar status-status itu lebih banyak menghujat pribadi saya daripada kritikan membangun daerah ini. Biarlah, silahkan saja. Kalau kritikan itu baik tentu akan jadi masukkan berharga bagi kita dalam membangun daerah ini. Tapi kalau isinya cuma fitnah dan buruk sangka, saya kira masyarakat Meranti lebih bijak menilainya sendiri. Masyarakat Meranti ini sudah bijak, mengerti betul mana yang benar dan mana fitnah," tegas Irwan.

Sebenarnya, sambung Irwan, dirinya merasa tak perlu menanggapi status dan komen-komen negatif di akun-akun facebook tersebut terutama akun anonym. Namun, ia disarankan memberikan klarifikasi agar masyarakat tak salah persepsi.

Untuk langkah selanjutnya terhadap akun-akun itu, Irwan mengaku sudah meminta Bagian Humas mengambil langkah-langkah hukum agar media sosial tersebut tidak dimanfaatkan dengan salah. Terutama terhadap akun-akun facebook atau twitter yang menggunakan nama dirinya.

"Tujuannya agar masyarakat tidak salah persepsi karena itu bukan akun saya," ungkapnya.

Seperti diketahui, beberapa waktu lalu, Irwan Nasir menjadi korban bully di jejaring media sosial Facebook.  karena dinilai gagal memerintah di kabupaten termuda di Riau itu. Selama menjabat, Irwan hanya dinilai melakukan pencitraan tanpa hasil memadai.

Merasa terpojok dan terhina, peristiwa ini dilaporkan ke polisi dengan dugaan pecemaran nama baik. Irwan ingin pembuat komentar pedas di akun facebooknya dicari dan diproses sesuai aturan berlaku. [Baca : Dibilang Mirip PLN, Bupati Meranti Irwan Nasir Lapor Polisi]

Kabid Humas Polda Riau AKBP Guntur Aryo Tejo SIK dikofirmasi wartawan membenarkan adanya laporan tersebut. "Secara tertulis sudah masuk ke Polda Riau. Penanganannya dilakukan Polres Meranti," katanya, Kamis (17/07/14). [red/mc]

Tags :# politik