Bupati Rohil minta Konflik Tapal Batas diatasi secara Arif

Bupati Rokan Hilir H Suyatno | Beritariau.com 2014

Beritariau.com, Rohil - Menanggapi permasalahan tapal batas wilayah yang sangat rentan menimbulkan kerusuhan dan kericuhan antar sesama warga, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hilir (Rohil) meminta semua Pemerintah Kecamatan, Kelurahan, Desa, hingga tingkat Dusun, RW dan RT yang termasuk dalam aparatur pemerintahan wilayah, agar dapat menghindari pelimpahan masalah kepada atasan.

Demikian hal itu diungkapkan Bupati Rohil, H Suyatno AMP kepada wartawan, Sabtu (22/11/14) di Bagansiapiapi.

Dikatakannya, mereka memang sangat diminta harus mampu mengatasi dan menyelesaikan setiap permasalahan yang timbul secara arif dan bijaksana.

"Para Camat yang sudah dilantik ataupun yang sudah lama menjabat bersama jajarannya, harus peka dan jeli didalam mencermati setiap permasalahan yang timbul. Sehingga kedepannya, setiap masalah itu tak lagi dilimpahkan ke kabupaten untuk diselesaikan," kata Suyatno.

Menurut mantan Camat Bagan Sinembah itu, setiap permasalahan yang timbul harus dapat diselesaikan secara arif dan bijaksana dengan mengedepankan koordinasi dan bermusyawarah guna mencari kata sepakat.

"Itu sangat penting dan yang lebih penting adalah hindari pelimpahan masalah kepada atasan. Alangkah baiknya bila ada masalah segera selesaikan sesuai ketentuan yang berlaku," terangnya.

Masih kata Suyatno, permasalahan yang sangat dan yang sampai saat ini sering terjadi adalah kegiatan jual beli lahan. Dan itu sebutnya lagi, harus diperhatikan oleh aparatur kecamatan, desa, kelurahan, dusun sampai RT dan RW.

"Kalau masalah jual beli lahan itu, tak mungkin tak akan ada masalah," jelasnya.

Kepada anak buahnya, Suyatno menekankan, jika masalah tak selesai, dapat menempuh jalur hukum. [bm]

Tags :# politik