Dari Konferda GAMKI Provinsi Riau

Jalankan GAMKI, Jhon Girsang jadi Ketua Pemuda Kristen di Riau

Sekretaris Umum DPP GAMKI Henri Sibarani bersama Jajaran pengurus GAMKI di Riau | Beritariau.com 2014

Beritariau.com, Pekanbaru - Menyikapi gejolak politik dan pemerintahan yang baru, Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) melih. Jika kebijakan pemerintah pro kepada kepentingan rakyat, GAMKI siap mendukung.

Hal itu ditegaskan oleh Sekretaris Umum (Sekum) Dewan Pimpinan Pusat (DPP) GAMKI Henri Sibarani saat acara Konferensi Daerah (Konferda) GAMKI Provinsi Riau di Pekanbaru, Sabtu (22/11/14).

"Kita dukung. Tapi, jika pemerintah mengacuhkan aspirasi rakyat, tentu GAMKI tak akan berdiam diri," kata Henri dalam sambutannya.

Henri berharap, Pengurus DPD GAMKI Definitif yang dihasilkan Konferda ini

mampu menjalankan organisasi dengan maksimal dan mengajak seluruh komponen Pemuda Kristen berkarya untuk Gereja dan Bangsa.

Sementara itu, Wakil Ketua Majelis Pengurus Harian (MPH) Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) Wilayah Riau, Pdt. Julianus Ginting S.Th berharap agar GAMKI tetap menjadi fungsi perekat, pemersatu dan penyeimbang dalam dinamika Gerejawi di Provinsi Riau.

"Gereja sangat membutuhkan Pemuda. Begitu juga sebaliknya. Oleh karena itu, tetaplah berkarya untuk cita-cita masa depan dan untuk kemajuan daerah Riau," kata Julianus Ginting dalam sambutannya.

Konferda yang diikuti oleh sejumlah pengurus DPC yang Definitif ini, dihadiri para senior GAMKI, Tokoh Pemuda Kristen, Perwakilan Pemuda Gereja dan organisasi kepemudaan lintas agama lainnya.

Ketua DPD Caretaker GAMKI Provinsi Riau Jhon Dairisman Girsang, akhirnya dipercaya menjadi Ketua DPD Definitif GAMKI Provinsi Riau untuk periode 2014 - 2017. Ia dinilai mampu melakukan konsolidasi organisasi dengan baik dan menghasilkan sedikitnya 3 (tiga) DPC Definitif sejak diangkat menjadi Caretaker.

"Beberapa calon DPC Definitif sedang kita persiapkan. Kita harapkan seluruh kerjasama seluruh pemuda kristen di kabupaten-kabupaten lainnya," kata Jhon.

Ditegaskannya, sebagai organisasi pelayanan, GAMKI senantiasa mengedepankan musyawarah apalagi dengan pemuda kristen yang beragam latar-belakang. "Di GAMKI kita semua Satu," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Konferda GAMKI Provinsi Riau Roy Manurung mengatakan bahwa, terpilihnya Jhon karena konsisten menjalankan tugas Caretaker bersama Sekretarisnya Rynhart Simamora.

"Tugas di SK (Surat Keputusan) itu mereka jalankan dengan baik. Mereka setia turun ke daerah meski dengan dana sendiri. Mereka patut di apresiasi," kata Roy. [rls]