Berdasarkan Laporan Pihak Klinik Yang Dirugikan

Palsukan Surat Swab PCR, Calon Penumpang Pesawat Ditangkap Polresta Barelang

Kasat Reskrim Polresta Barelang Kompol Andri Kurniawan | Istimewa

Beritariau.com, Barelang - Satuan Reserse Kriminal Polresta Barelang, Kepulauan Riau, mengungkap kasus pemalsuan dokumen berupa surat hasil swab PCR. Pelaku inisial EBS (42), ditangkap di Nongsa Point Marina & Resort, Kota Batam.

"Kami mendapat informasi adanya calon penumpang inisial EBS mau berangkat melalui Bandara Hang Nadim. Pelaku diduga membawa surat hasil swab PCR yang dipalsukan," ujar Kasat Reskrim Polresta Barelang Kompol Andri Kurniawan, Rabu (04/08/21).

Peristiwa itu, kata Andri, terjadi pada Jumat (30/7) lalu. Ia memimpin langsung penangkapan itu. Pelaku yang merupakan Sarjana Tehnik saat itu mau pulang ke Pulau Jawa.

"Dari tangan pelaku, kami mengamankan barang bukti berupa 2 lembar surat hasil pemeriksaan laboratorium jenis PCR atas nama tersangka EBS," jelasnya.

Menurut Andri, lembaran hasil PCR yang dipalsukan itu membawa-bawa nama sebuah klinik di Batam. Dia juga memprint-out surat hasil PCR dari Aplikasi Peduli Lindungi. Sebuah laptop yang digunakan pelaku turut diamankan polisi sebagai barang bukti.

"Klinik yang namanya digunakan untuk pemalsuan surat itu melaporkan kejadian itu ke kita. Pihak klinik mengaku tidak pernah mengeluarkan surat hasi PCR atas nama tersangka EBS," ucap Andri.

Saat ini, pelaku ditahan polisi untuk penyelidikan lanjutan. Polisi juga akan memriksa saksi lain untuk proses pemberkasan perkara tersebut.

"Pelaku kita tahan," kata perwira menengah jebolan Akpol 2006 itu. (*)