Inovatif & Berani, Kapolda Riau terima Penghargaan

PENGHARGAAN - Perwakilan Pimpinan 24 Media dalam Siber Riau Award Menyerahkan Tanda Penghargaan Kepada Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendy yang Diwakili oleh Wakapolda Riau Brigjen Pol Tabana Bangun | Beritariau.com2021

Beritariau.com, Pekanbaru - Perkumpulan 24 media online yang ada di Provinsi Riau, memberikan penghargaan Siber Riau Award 2020, kepada Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, Selasa (12/01/21) pagi.

Penyerahan penghargaan, digelar di Aula Utama Tribrata Mapolda Riau, dan dihadiri oleh Wakapolda Brigjen Tabana Bangun serta jajaran pejabat utama Polda Riau.

"Kami terus memantau kinerja Kapolda Riau selama tahun 2020. Kami rasa, penghargaan Siber Riau Award pantas kami berikan atas terobosan dalam penanganan Karhutla, yang kerap terjadi di Riau," kata Roy Manurung sebagai salah satu Pimpinan Media di Riau, mengawali sambutannya mewakili 24 media yang tergabung dalam Siber Riau Award.

Roy menilai, kinerja Irjen Agung SIE selama menjabat sebagai Kapolda Riau, menjadi sosok yang berpengaruh besar selama menjabat di Negeri Lancang Kuning.

Salah satu contohnya tentang Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang mampu dikendalikan sehingga kabut asap tak berulang tahun. Bahkan langit Riau biru tak lagi kelabu diselimuti jerebu.

Serentetan terobosan pun tercatat sudah digagas jenderal bintang dua ini. Termasuk Dashboard (Aplikasi) Lancang Kuning Nusantara.

Dari tangan apik Irjen Agung, aplikasi yang difungsikan untuk pemantauan langsung Karhutla itu, kini sudah diterapkan di sejumlah provinsi yang rawan kebakaran hutan dan lahan. Kapolda Riau mengaplikasikan teknologi tinggi dalam pencegahan Karhutla dan berhasil sejauh ini.

"Sejumlah inovasi dan keberanian tampak dilakukan selama memimpin Polda Riau," ucap Roy.

Selain itu, prestasi ciamik juga ditunjukkan Irjen Agung dalam pemberantasan Narkoba, ilegal minning, ilegal tipping serta kasus kejahatan lainnya, sehingga kondusifitas Riau terjaga. Selain itu, ia juga sukses menyajikan Pilkada serentak yang aman pada penghujung tahun 2020, serta menciptakan Kamtibmas yang kondusif di tengah masyarakat.

"Kita juga melihat, ada peran aktif Polri (Polda Riau) dalam penanganan pencegahan Covid-19. Berada di depan dalam mensosialisasikan kepada masyarakat, turut bekerja keras dengan stake holder lainnya dalam memutus mata rantai penyebaran Virus Corona," ungkapnya lagi.

Penghargaan Siber Riau Award 2020 ini juga disambut baik oleh Kapolda Riau Irjen Agung Setya Imam Effendi yang diwakili Brigjen Tabana Bangun. Polda Riau merasa bangga dan terhormat atas penghargaan yang diberikan tersebut.

"Semoga dapat memacu seluruh jajaran dan personel sampai tingkat Polsek dalam menjaga Kamtibmas di Provinsi Riau," katanya.

Brigjen Tabana Bangun juga menyampaikan, bahwa Karhutla menjadi perhatian utama selama ini, di mana sudah bertahun lamanya tak kunjung tuntas.

"Karhutla di Riau sudah terjadi berulang kali dan belum terselesaikan, menyebabkan kerugian besar," pungkasnya. [bam]