Pramuka membentuk Manusia Disiplin, Terampil dan dapat Dipercaya

Penulis : admin | Rabu, 06 November 2019 - 22:51 WIB

FOTO : Ka Karcab 0410 Rohil Kakak H Surya Arfan mengunjungi kemah-kemah Pramuka setiap Gudep Pramuka pada Hari Jadi Gerakan Pramuka ke 58 di Buper Daok Comel, Tanah Merah, Rimba Melintang.

Beritariau.com, Rohil - Sebanyak 1.673 Pramuka dari 16 Kwartir Cabang (Kwarcab) dan Gugus Depan (Gudep) Gerakan Pramuka se Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Senin, 20 Agustus 2019, meramaikan perkemahan di Bumi Perkemahan (Bumper) Datok Comel, di Kepenghuluan Lenggadai Hilir, Kecamaran Rimba Melintang. Perkemahan dalam rangka Hari Pramuka ke 58 tahun 2019.

Sebagai Pembina Upacara, Ketua Kwarcab 0410 Gerakan Pramuka Rohil, yang juga Sekda Rohil Drs H Surya Arfan Msi, mewakili Bupati Rohil H Suyatno. Sekda dalam sambutannya menyampaikan amanat dari Kwarnas Komjen Pol Budi Waseso.

Turut hadir Kajari Rohil Gaus Wicaksono SH MH, Dandim 0321 Letkol Inf Didik Efendi SIP, Kapolres Rohil diwakili Kapolsek Bangko Kompol Sasli Rais SH, Kepala OPD, Camat, unsur Forkopimda Rohil, dan Forkopimda Rimba Melintang, dan lain-lain.

Ketua Warcab Gerakan Pramuka 0410 Rohil, yang juga Setda Rohil H Surya Arfan, menjelaskan, pelaksanaan perkemahan di Bumper Daruk Comel ini cukup baik, bahkan lebih baik dari pelaksanaan perkemahan pada tahun-tahun sebelumnya.

"Dari jumlah peserta juga semakin ramai. Tercatat 1.673 peserta dari 16 kwaran ikut serta. Belum lagi, para Pembina. Jadi setidaknya diikuti lebih kurang 2.500 orang peserta," kata Kak Surya Arfan.

Pelaksanaan perkemahan ini, jelas Kak Surya Arfan, sebagai komitmen pemerintah daerah dan masyarakat Rohil membesarkan gerakan pramuka. Sebab, jelas Sekda, pramuka merupakan satu-satunya wadah gerakan kepanduan di Indonesia, yang bertujuan membina generasi muda.

FOTO : Ka Kwarcab 0410 Rohil Kakak H Surya Arfan menandatangani dekalrasi pada peringatan Hari Jadi Pramuka 2019 di Bumper Datok Comel.

Sebagaimana disampaikan pada sambutan Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Indonesia Komjen Pol Budi Waseso, perlu dilakukan pembangunan nilai-nilai kebangsaan dan semangat NKRI kepada segenap kalangan pemuda.

"Sebab nilai-nilai kebangsaan kita sudah mulai rapuh, NKRI kita mulai goyah. Rasa persatuan dan kesatuan juga. Ini dapat kita lihat pada hari kemerdekaan Republik Indonesia 2019, belum semua masyarakat memasang bendera," ujar Kak Surya Arfan.

Padahal, jelas Surya Arfan, para pejuang merebut kemerdekaan dengan mempertaruhkan nyawa, dengan segenap jiwa dan raga, serta harta benda.

"Sedangkan kita, masang bendera saja di rumah masing-masing masih berat," ujarnya.

Perkemahan yang diikuti 1.763 anggota Pramuka se Rohil ini, dilangsungkan selama tiga hari. Ini merupakan perkemahan terbesar yang dilaksanakan tiap tahun di Bumper Datok Comel.

Kak Surya Arfan menyampaikan sebagai Pramuka harus siap dalam berbagai hal.

"Pramuka itu harus siap dalam berbagai hal, disiplin, terampil dan dapat dipercaya,'' ucap Ka Kwarcab Gerakan Pramuka 0410 Rohil Kakak H Surya Arfan.

Usai upacara, Kak H Surya Arfan bersama Pembina Gerakkan Pramuka Forkopimda Rohil bersama-sama menandatangani komitmen pengurangan penggunaan plastik.

Sampah plastik, kata Kak Surya Arfan, kini menjadi sampah terbanyak, dan sulit diurai di alam, serta pencemaran lingkungan.

"Penandatanganan komitmen ini sebagai pernyataan kita bersama untuk mengurangi sampah plastik, dan pengurangan penggunaan plastic. Jadi ini menjadi tugas kita semua, adik-adik Pramuka, sebagai pelopor dan penggerak pengurangan pengunaan plastik,'' ucap Kak Surya Arfan.

Kwarran Kubu Gerakan Pramuka Terbaik 2019

Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka 0410 Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) Drs H Surya Arfan MSi, menyerahkan penghargaan kepada Dewan Kerja Ranting Gerakan Pramuka Tergiat, Sabtu, 21 September 2019.

Surya mengatakan penghargaan tersebut diberikan sebagai apresiasi Kwarcab Gerakan Pramuka 0410 Rohil kepada adik-adik DKR Gerakan Pramuka di tingkat kecamatan.

FOTO : Ka Kwarcab 0410 Rohil Kakak H Surya Arfan menyerahkan tropi kepada Kwarran Kubu yang berhasil menjadi Pemenang I Kwarran terbaik 2019.

"Tahun ini pemenang I dimenangkan DKR  Kwarran Kuba, Rimba Melintang Pemenang II, dan Tanah Putih Pemenang III,” kata Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka 0410 Rohil, Kakak H Surya Arfan MSi.

Pemberian penghargaan DKR Gerakan Pramuka ini, jelas Surya Arfan, untuk memacu semangat adik-adik DKR Gerakan Pramuka Kecamatan untuk melaksanakan program yang telah digariskan DKR.

Kak Surya Arfan juga menyampaikan terimakasih kepada Kak Kwarran, dan andalan Ranting/Pembina Kwarran yang telah mendorong adik-adik DKR.

"Demikian juga kepada para Camat selaku Ketua Majlis Pembimbing Ranting Kwarran. Diharapkan dapat sebagai motivator menggerakkan adik-adik DKR agar melaksanakan kegiatan ke Pramukaan dalam rangka pembinaan para Penegak dan Pendega,” pungkas Kak Surya Arfan. (Advetorial Pemkab Rohil) 

Laporkan Berita dan Peristiwa Sekitar Anda ! SMS ke : 081378705055 atau ke alamat email : redaksi@beritariau.com (harap lampirkan identitas diri).


Berita Terkait :

Komentar Via Facebook :