40 Orang Peserta Belajar Teori & Praktik Kemahiran Dasar Pramuka di Pekanbaru

Penulis : admin | Senin, 23 September 2019 - 19:08 WIB

SETANGAN LEHER - Ketua Harian Kwarcab 0406 Pekanbaru, Alex Kurniawan, menyematkan setangan leher pramuka kepada salah seorang peserta kemahiran dasar Pramuka secara simbolis | Istimewa

Beritariau.com Pekanbaru - Sebanyak 40 orang peserta pramuka yang terdiri dari 32 peserta pramuka dari Kota Pekanbaru dan 8 orang peserta dari Kabupaten Siak Sri Indrapura, diajarkan pelatihan teori dan praktik tentang kepramukaan.

Rangkaian pelatihan kemahiran pembina tingkat dasar di Gugus Depan (Gudep) 11.029 dan 11.030 ini dilakukan selama 7 hari dan ditutup Sabtu (21/09/19) malam di SMK Hasanah Jalan Cempedak, Pekanbaru.

Ketua Harian Kwarcab 0406 Pekanbaru, Alex Kurniawan, mengatakan, salah satu aplikasi dalam kegiatan pelatihan kepramukaan ini adalah menunjung tinggi budi pekerti dalam kehidupan sehari-hari dengan mengedepankan kepentingan umum dan tolong-menolong.

"Ini kegiatan pelatihan utk level pembinan Pramuka," Kata Alex, saat dikonfirmasi melalui selularnya, Senin (23/09/19).

Menurut Alex, Anggota yang mengikuti kegiatan pelatihan ini, secara teori dan praktik bisa memahami tentang kepramukaan ketika terjun dalam organisasi pramuka.

"Jadi ilmunya bisa dipakai juga untuk melatih para pramuka disekolah sekolah atau pangkalan gudep," terang Alex.

Alex berharap, Gerakan pramuka merupakan salah satu pilar pendidikan yang mengajarkan siswa peka terhadap lingkungan serta mampu bersosialisasi. 

Selain itu katanya lagi, juga membentuk karakter siswa untuk bekerjasama dalam satu tim. Hal itu sejalan dengan prinsip dan nilai-nilai ajar di sekolah. 

"Karena organisasi pramuka wajib dimiliki setiap lembaga pendidikan. Ini (pramuka,red) sebagai bagian dari pembentukan mental dan karakter, gerakan pramuka serasi dengan sifat masyarakat Indonesia yang gemar bergotong royong serta bekerjasama dalam menyelesaikan suatu masalah," pungkasnya. [bam]

 

Laporkan Berita dan Peristiwa Sekitar Anda ! SMS ke : 081378705055 atau ke alamat email : redaksi@beritariau.com (harap lampirkan identitas diri).


Berita Terkait :

Komentar Via Facebook :