Advertorial Pemkab Rokan Hilir

Pemkab Rohil tabur 58 ribu ikan Baung di Sungai Rokan

TABUR BENIH IKAN BAUNG - Gubernur Riau beserta Sejumlah Kepala Daerah Menabur Sedikitnya 58 ribu Ikan Baung di Sungai Rokan | Istimewa

Beritariau.com, Rohil - Demi Melestarikan kekayaaan alam dan kesinambungan ikan Baung, Bupati Rokan Hilir (Rohil) H Suyatno menabur sebanyak 58 ribu ekor bibit ikan baung di Sungai Kepenghuluan Rantau Bais Kecamatan Tanah Putih.

Penaburan Ikan Lokal tersebut di saksikan Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman dan Wakil Gubernur Riau Wan Thamrin Hasyim beserta jajaran forkompinda Riau dan Rohil.

Acara penebaran bibit ikan yang digelar belum lama ini, juga dihadiri oleh sejumlah anggota DPRD Riau seperti Asri Auzar, Karmila Sari, Siswaja Mulyadi dan Manahara Manurung. Penyerahan kemudian diserahkan kembali kepada sejumlah warga.

Selain itu penyerahan bibit, diserahkan pula kartu asuransi untuk nelayan. Klaim pembayaran asuransi ini juga diserahkan secara simbolis.

Gubri Arsyadjuliandi Rachman mengatakan, penebaran bibit ikan baung ini merupakan salah satu langkah penyelamatan populasi ikan baung yang mulai berkurang akibat pencemaran air di Sungai Rokan.

"Penebaran benih ikan baung, diharapkan potensi sungai akan lebih meningkat. Sungai tidak hanya untuk transportasi melainkan bisa dimanfaatkan sebagai menumpang hidup para nelayan dan bagi masyarakat yang ada disekitar sungai Rokan,” harapnya.

Gubernur Riau yang biasa disapa Andi Rachman ini berharap, bibit yang ditebar tersebut akan bermanfaat dalam beberapa tahun mendatang. Namun sebelumnya, penting sekali bagi masyarakat menjaga keberadan sungai.

Sehingga ke depannya, begitu bibit ikan baung yang ditebar ini sudah siap dipanen, akan menjadi sumber penghasilan bagi masyarakat.

Atas program ini, masyarakat kecamatan Tanah Putih berterima kasih kepada pemerintah provinsi riau melalui dinas perikanan dan kelautan telah meluncurkan program penebaran benih ikan baung sebanyak 58.000 ekor di Pulau Tilan.

"Masyarakat disini khususnya sangat menyambut baik, penebaran benih ikan. Bilamana dua tahun atau tiga tahun mendatang, benih telah membesar ikan baung dapat dinikmati hasil nanti." kata Camat Tanah Putih Rohil Ramlan di Pulau Tilan Tanah Putih.

Selain penebaran benih ikan baung, Gubri dan Wagubri juga menyerahkan Kartu Asuransi Nelayan (KAN) kepada nelayan yang dilanjutkan penyerahan bantuan uang secara simbolis pada masyarakat nelayan.


"Besar harapan masyarakat program diturun disini. Jika perlu, program ini tidak hanya sampai disini saja. Kami harapkan program restocking terus berlanjut pada tahun berikutnya." sambung Ramlan.

Dalam sambutannya, Bupati Rohil Suyatno mengucapkan terimakasih atas kehadiran Gubernur, Wakil Gubernur berserta rombongan dalam kegiatan penebaran benih ikan baung di Kepenghuluan Rantau Bais Kecamatan Tanah Putih.


Selain itu, Suyatno juga apriasi terhadap kinerja Datuk Penghulu Rantau Bais dalam membangun perekonomian masyarakat dengan membuat jembatan terapung di sungai rokan untuk sampai di Taman Wisata Pulau Tilan dengan mengunakan dana ADD.

"Saya sangat bangga sekali kinerja Datuk Penghulu Rantau Bais. Dengan dilepasnya benih ikan baung ke Sungai Rokan semoga bermanfaat buat masyarakat Tanah Putih khusus Rantau Bais," kata Suyatno.

Kabupaten Rohil memilki daya tarik dan unggulan investasi perikanan baik perikanan tangkap maupun budidaya dan pengolahan hasil perikanan untuk komoditi perikanan laut, yakni Rohil mempunyai sumber daya hayati yang cukup luas dan memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) yang cukup besar dan terampil di bidang perikanan sesuai aspek perikanan.

Selain itu Juga, Rohil memiliki fasilitas produksi yang sudah memadai,baik itu perikanan tangkap maupun budidaya dan pengolahan hasil tangkapan seperti budidaya kerang dan pengolahan perikanan, serta harga produk perikanan dari Rohil dapat bersaing sesuai mutu yang dihasilkan perikanan nelayan.

Di tambah lagi, potensi lain yang mendukung Kabupaten Rohil yakni telah memilki jaringan distribusi yang cukup, baik itu pasar lokal maupun pasar besar untuk semua produk perikanan.

Selain itu, Rohil memiliki potensi pengembangan sentra produksi perikanan untuk semua aspek komoditi, kemudian tersedianya bahan baku yang jauh dari pusat pengolahan pemasaran, dengan telah terbukanya media sosial membuka jaringan akses pemasaran untuk pasar domestik dalam negeri maupun luar negeri produk ini bisa berdaya saing.

Penaburan bibit ikan baung di Sungai Rokan itu disaksikan oleh banyak para pejabat di lingkungan Provinsi Riau seperti Wakil Gubernur Riau Wan Thamrin Hasyim, Wakil Ketua DPRD Riau dr Sunaryo, Danrem 031/WB Brigjend TNI Abdul Karim dan Brigjend TNI Edy Natar Nasution, Kadis Perikanan dan Kelautan Provinsi Riau Herman, Walikota Dumai Zulkifli AS, serta para pejabat di lingkingan Rohil, Camat Tanah Putih, para tokoh masyarakat dan ratusan warga Tanah putih. [adv]