Kritik Demo Tolak Anies, Pangbes LLMB: Orang Melayu Tak Pernah Melarang Siapa Pun Datang ke Riau

Panglima Besar (Pangbes) Lembaga Laskar Melayu Bersatu (LLMB), Dt. Ismail Amir

Beritariau.com, Pekanbaru – Adanya aksi unjuk rasa yang dilakukan oleh sekelompok orang yang yang mengatasnamakan Koalisi Mahasiswa Riau Peduli Demokrasi (KMRPD) di kantor KPU Riau di Jalan Gajahmada dan kantor Bawaslu Provinsi Riau, Jalan Adi Sucipto Pekanbaru, Jumat (2/12/2022) menapat tanggapan dari Lembaga Laskar Melayu Bersatu (LLMB) Riau dan Kepri.

Panglima Besar (Pangbes) LLMB, Dt. Ismail Amir sangat menyayangkan hal tersebut karena menurutnya apa yang dilakukan oleh massa KMRPD sama sekali tidak mencerminkan adat dan budaya Melayu.

"LLMB sebagai organisasi daerah simpul Melayu sangat menyayangkan ada segelintir orang yang mengatasnamakan aliansi mahasiswa menolak kedatangan tokoh nasional ke Riau," tegasnya. 

Dia mejelaskan, kalau orang Melayu tak pernah melarang siapa saja yang mau datang ke Riau apalagi tokoh besar. Anies Baswedan adalah tokoh nasional, mantan Gubernur DKI Jakarta dan sekarang diusung Partai NasDem sebagai calon Presiden RI. 

"Orang Melayu sangat terbuka dan sangat menghargai tamu dan ini aturan kebudayaan Melayu yang sudah turun temurun kepada kami anak cicit pendahulu kami sebagai keturunannya," tegas Dt. Ismail, Jumat (2/12/2022) di Pekanbaru.

Apalagi menurutnya kedatangan Anies Baswedan pada tanggal 4-5 Desember 2022 tujuannya baik dan itu juga adalah agenda Partai NasDem dan sudah mendapatkan izin untuk diselenggarakan dari pihak terkait.

Diberitakan sebelumnya, para pengunjukrasa membentangkan beberapa spanduk dan poster berisikan penolakan mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ke Pekanbaru.

Massa bahkan meminya kedua penyelenggara Pemilu ini, yakni KPU dan Bawaslu Riau untuk menolak kedatangan Anies Baswedan ke Pekanbaru karena dinilai sudah mencuri start kampanye dan dikhawatirkan akan memecahkan kedamaian dan ketentraman masyarakat Riau.

Tak Ada Kendala

Sementara itu, DPW Partai Nasdem Provinsi Riau menegaskan tidak ada kendala apapun dalam kunjungan Capres usungan Nasdem Anies Baswedan ke Pekanbaru pada tanggal 4-5 Desember 2022 esok.

Anies Baswedan direncanakan akan melaksanakan rapat akbar yang akan diikuti sekitar 25 Ribu orang pada Minggu 4 Desember, di Jalan Gajah Mada, sekitar Pukul 16.00 wib. 

Ketua Dewan Pakar NasDem sekaligus Wakil Gubernur Riau, Edy Natar mengatakan kunjungan Anies Baswedan ke Pekanbaru sudah dipersiapkan dengan melakukan rapat bersama para stakeholder Pemprov Riau dan Polresta Pekanbaru. 

"Makanya saat ada media menyampaikan izinnya tidak diberikan, itu sebenarnya izinnya belum clear (selesai). Saya kira tidak ada masalah di sini," kata Edy Natar saat menggelar Konferensi pers di DPW Nasdem Riau, Jumat (2/12/2022). 

Terkait ada isu penolakan kedatangan Anies Baswedan ke Provinsi Riau, Edy Natar menegaskan hal tersebut tidaklah benar. 

"Tidak ada persoalan, dan InsyaAllah semua akan berjalan dengan Baik," tegas Edy. (*)