Konflik Lahan dengan PT Arara Abadi, Panglima Besar LLMB Tegaskan Siap Bela Hak-hak Suku Sakai

Panglima Besar (Pangbes) Lembaga Laskar Melayu Bersatu (LLMB), Dt. Ismail Amir

Beritariau.com, Pekanbaru - Konflik lahan yang melibatkan masyarakat Suku Sakai dengan PT Arara Abadi hingga kini tak kunjung usai, bahkan upaya pengambilan titik koordinat beberapa waktu lalu dinilai juga tak membuahkan hasil.

Panglima Besar (Pangbes) Lembaga Laskar Melayu Bersatu (LLMB), Dt. Ismail Amir angkat bicara terkait persoalan ini, sebagai perisai negeri, pihaknya akan membela kepentingan suku Sakai sebagai suku asli Riau.

Pangbes dengan tegas mengatakan kalau sekelompok orang yang mengatas namakan Suku Sakai terkait permasalahan tersebut itu adalah oknum yang tidak bertanggung jawab dan bukan Masyarakat Sakai.

"Mereka ini orang-orang yang memang sengaja digunakan oleh perusahaan tersebut dalam masalah tersebut," tegasnya, Selasa (22/11/2022) kepada media ini.

Penegasan ini sama seperti yang disampaikan sebelumnya oleh Kepala Suku Sakai Batin Tiopati (Bakhtiar) dan Tokoh Masyarakat Suku Sakai Kecamatan Minas, Tarmizi yang dengan jelas mengatakan bahwa yang mengatasnamakan Suku Sakai terkait permasalahan tersebut hanyalah oknum yang tidak bertanggung jawab, dan bukan Masyarakat Suku Sakai secara keseluruhan yang ada di Kecamatan Minas dan Kandis.

Terkait pengambilan titik koordinat beberapa waktu lalu menurutnya juga tidak menyelesaikan masalah, bahkan menurutnya hal itu hanya akan merugikan masyarakat Suku Sakai. 
 
Untuk itu, Pangbes mendukung upaya-upaya yang akan dilakukan oleh masyarakat Suku Sakai untuk mempertahankan tanahnya.

"Ada rencana mau jumpa Gubernur, silakan, kami dukung, jika nanti Gubernur tak juga bisa membantu menyelesaikan masalah ini, kami dari LLMB siap turun tangan membela hak-hak Suku Sakai ini," tegasnya. (*)