Satu Tahun Dilaporkan Dugaan Ijazah Palsu

Polres Belum Proses Oknum Kades di Kampar Yang Dipolisikan Warganya

Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Kampar, Ambar Rustantini, SH MH.

Beritariau.com, Kampar – Oknum Kepala Desa (Kades) Utama Karya, Kecamatan Kampar Kiri Tengah, Kabupaten Kampar berinisial NM dipolisikan warganya atas dugaan menggunakan ijazah palsu ke Polres Kampar, Rabu (27/01/2021) silam.

Dugaan ini diperkuat dengan adanya surat keterangan dari Dinas Pendidikan Kabupaten Ngawi, bahwa Oknum Kepala Desa itu tidak pernah bersekolah di SDN Waruk Tengah 1. Sehingga dipastikan Ijazah yang digunakan bersangkutan adalah palsu.

Tak hanya itu, NM juga pernah menandatangani surat pernyataan yang menyatakan bahwa Ijazah dengan nomor yang ditujukan bukanlah miliknya.

Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Kampar, Ambar Rustantini, SH MH menanggapi dan heran dengan informasi tersebut. Pasalnya, hal tersebut tidak dibenarkan secara Undang-undang.

”Saya akan koordinasikan dulu ke Kabid Pengawasan perihal informasi ini, dan juga kita belum bisa tindak lanjuti kades tersebut, karena belum punya data,” kata Ambar, Kamis (20/01/2022) dikantornya.

Lanjut Ambar, kedepannya beserta Inspektorat Kampar, APIP, dan Camat Kampar Kiri Tengah akan membahas dan memanggil yang bersangkutan untuk dimintai keterangan,

“Jika terbukti (Ijazah Palsu), yah Pidana,” tegas dia.

Terpisah, Kasat Reskrim Polres Kampar AKP Bery Juana sampai saat ini belum memberikan tanggapan upaya konfirmasi melalui pesan singkat, terhadap terkait laporan warga desa Utama Karya ke Polres Kampar, yang hampir genap satu tahun telah dilaporkan.***