Rapat Dengar Pendapat

Komisi I Pertanyakan Izin Radioaktif Pusat Kanker Awal Bros Pekanbaru

Penulis : admin | Selasa, 04 Agustus 2020 - 13:55 WIB

RDP - Komisi I DPRD Kota Pekanbaru, mempertanyakan perizinan gedung baru radioaktif pusat kanker yang berdiri di Rumah Sakit (RS) Awal Bros, Jalan Jenderal Sudirman, Pekanbaru, dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) yang digelar, Selasa (04/08/2020) siang | Beritariau.com2020

Beritariau.com, Pekanbaru - Komisi I DPRD Kota Pekanbaru, mempertanyakan perizinan gedung baru radioaktif pusat kanker yang berdiri di Rumah Sakit (RS) Awal Bros, Jalan Jenderal Sudirman, Pekanbaru, dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) yang digelar, Selasa (04/08/2020) siang.

Cecaran itu dipertanyakan oleh Wakil Ketua Komisi I DPRD Kota Pekanbaru, Krismat Hutagalung melalui Manajemen RS Awal Bros Sudirman, saat diundang dalam RDP.

"Terapi kanker sinarnya mengandung radioaktif. Apakah proses perizinan yang dilakukan oleh DLHK sudah sesuai? Khawatir kita berbeda," Kata Krismat, dalam hearing tersebut.

Menurutnya, dalam proses pemberian rekomendasi perizinan, kajian tentang radioaktif mestinya dibuat dalam proses perizinan tersebut. Sebab, setiap alat memiliki karakteristik yang berbeda.

"Beda mesin terapi, beda pula karakterstik paparan radiasinya. Jangan sampai perizinan yang di mohonkan tidak sesuai dengan alat yang dipakai," jelasnya.

Pertanyaan itu dianggapnya penting. Sebab, dia tidak ingin bisnis usaha yang bergerak di bidang kesehatan itu menimbulkan wabah dan masalah baru terhadap lingkungan.

"Kajian amdal lingkungan itu yang wajib kita pertanyakan apakah sesuai atau tidak dengan yang di mohonkan sekarang. Pekan depan akan kita jadwal ulang," terangnya.

Sementara itu, Direktur RS Awal Bros Sudirman, Pekanbaru, dr Jimmy Kurniawan MKK, menyebutkan, segala proses perizinan yang berhubungan dengan radioaktif sudah sesuai dengan yang digunakan sekarang.

"Segala perizinan lengkap. Ada di dokumen izin pendukung itu semua lengkap. Alatnya, luas gedung, ketebalan dan lainnya semua ada detailnya. Minggu depan kita bawa," paparnya.

RDP yang digelar Komisi I DPRD Kota Pekanbaru dengan Manajemen Awal Bros Sudirman ini, dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi I, Krismat Hutagalung didampingi Sekretaris Komisi, Isa Lahamid dan Anggota Komisi lainnya yakni, Indra Sukma, Aidil Amri dan Victor Parulian. [Bam]

Laporkan Berita dan Peristiwa Sekitar Anda ! SMS ke : 081378705055 atau ke alamat email : redaksi@beritariau.com (harap lampirkan identitas diri).


Berita Terkait :

Komentar Via Facebook :