Lantai Karaoke DragonKTV Hening

Sst..! Club Malam di Pekanbaru Ini Tiba-tiba Sepi Saat Razia Narkoba

Ilustrasi | Beritariau.com 2014

Beritariau.com, Pekanbaru - Direktorat Narkoba (Ditnarkoba) Polda Riau didampingi Bidang Profesi dan Pengamanan (Bid Propam) Polda Riau dan Detasemen Polisi Militer (Denpom) TNI AD, Sabtu (08/11/14) sekitar pukul 00.30 Wib dini hari, merazia sejumlah tempat hiburan malam di Pekanbaru. Ratusan anggota kepolisian yang dibagi menjadi beberapa tim, disebar secara serentak .

"Kita melakukan razia malam ini di semua kelab malam. Ini terkait peredaran dan penggunaan narkoba," ujar Direktur (Dir) Narkoba Polda Riau Kombes Pol Hermansyah, Sik, Sabtu (08/11/14) malam.

Pantauan di lapangan, di salah satu kelab malam di Riau, MPClub, yang berlokasi di Gedung Mal Pekanbaru, tampak petugas menggeledah beberapa pengunjung di salah satu ruangan karaoke (KTV Room). Dipintu ruangan itu, seorang anggota Denpom dan seorang Provost Polisi tampak siaga memantau jika ada anggota yang kedapatan di lokasi hiburan malam. Sementara, satu orang lagi, meneteng sebuah alat berwarna hijau yang diketahui sebagai alat tes urine.

"Maaf mengganggu Bapak-bapak. Kami dari DIrektorat Narkoba Polda Riau, melakukan razia. Kami bukan menuduh bapak-bapak memakai narkoba. Namun, kami mohon kerjasamanya untuk diperiksa," ujar seorang anggota polisi, pemimpin tim, setelah berada dalam salah satu room karaoke. Lalu, para tamu di room itu pun digeledah satu persatu.

Namun, setelah beberapa ruangan dilalui, belum satupun yang diamankan. Selain itu, kelab malam terbesar di Riau itu, juga tumben sepi pengunjung.

"Mereka dengar ada razia bang. Jadi mereka pada kabur," kata salah seorang pria, pelayan (waitres) di MPClub, saat ditanyai wartawan.

Saat bergerak ke XPClub yang di Jalan Sudirman Pekanbaru, sejumlah wartawan tak jadi menginjakkan kaki ke kelab itu. Pasalnya, dari parkiran saja kelihatan hanya ada beberapa unit mobil dan belasan sepeda motor yang nongol. Maka dipastikan, kelab itu juga pasti sepi.

Sebab, dengan hanya melintasi jalan Sudirman Ujung saja pada setiap malam, biasanya kelihatan basement parkiran XPClub itu dipenuhi kendaraan pengunjungnya.

Selanjutnya, Beritariau.com pun bergerak ke lokasi lain. Saat di Pub dan KTV Dragon yang berlokasi di Area Hotel New Hollywood di Jalan Kuantan Raya Kecamatan Lima Puluh, ada pemandangan unik dan menarik.

Arena hiburan malam yang biasanya dipenuhi tamu-tamu baik dari luar Pekanbaru bahkan dari luar Provinsi Riau itu, mendadak sepi. Padahal, malam itu, kelab itu tak sedang libur. Sejumlah pegawai berpakaian rapi tampak berdiri menyambut petugas yang merazia.

Di salah satu lantai yang merupakan arena room karaoke, tak satupun hidung pengunjung kelihatan. Bahkan, saat masuk ke pub, ruangan yang biasanya sesak saking banyaknya tamu, tumben hanya 4 meja yang kelihatan ada pengunjungnya.

"Tamu banyak yang kabur bang," ungkap salah waitres di lokasi itu. Namun, ia tak berani menjawab, kenapa bisa begitu. "Gak tau bang," tambahnya.

Meski belum ada keterangan resmi dari Ditnarkoba Polda Riau terkait hasil razia malam itu, namun, dapat diduga, razia ini telah bocor.

"Walah, bocor neh. Padahal, udah kena hujan kemari," kata Dul, salah satu jurnalis yang meliput razia itu, sambil melipat jaket hitamnya yang basah akibat menembus hujan deras.

Dari pantauan itu terlihat, bungkus rokok, botol minuman beralkohol jenis golongan C, botol air mineral, gelas dan permen karet yang ditinggal pengunjung yang kabur dari ruangan.

"Wah, sudah kabur ini orangnya, kemana ini para pengunjungnya," tanya seorang anggota polisi kepada seorang satpam yang dijawab dengan gelengan kepala. [red/pan]