Diskes Pekanbaru Sebut Covid-19 Menular Lewat Triangel

Penulis : admin | Senin, 06 April 2020 - 11:39 WIB

Ilustrasi

Beritariau.com Pekanbaru -  Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru, mengatakan, Virus Disease 19 (Covid-19) menular melalui semburan air ludah dalam bentuk partikel kecil dan masuk melalui mata, hidung dan mulut dari orang yang positif terkena Covid-19 saat melakukan kontak fisik.

"Saking kecilnya droplet bersin dari semburan tersebut, pemerintah mengajak kita melakukan psyical distancing (jaga jarak,red) karena virusnya masuk melalui triangel itu," Kata Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru, Maisel Fidayesi, kepada beritariau.com, Senin (06/04/2020).

Cara penularan tersebut bereaksi sangat cepat dan masuk melalui paru-paru seseorang. Katanya, penularan juga dilakukan ketika orang yang sehat melakukan kontak fisik dengan seseorang yang diduga positif gejala Covid-19.

"Virus bertahan lama di sebuah benda. Saat orang dengan gejala positif bersin menyentuh benda yang ada disekitarnya dan kita sentuh lalu usap mata, pegang hidung dan mulut, lupa cuci tangan akhirnya tertular pada diri sendiri," ucapnya.

Untuk itu, perlu kesadaran masyarakat menerapkan pola hidup bersih dengan mencuci tangan dengan sabun selama 20 detik dan disiram dengan air yang mengalir, saat beraktivitas di manapun.

"Kenapa harus cuci tangan pakai sabun, karena corona virus bisa mati. Dalam sabun ada kandung hidrogen peroksida," jelasnya.

Selain itu, orang yang mengalami gejala seperti batuk dan bersin-bersin disarankan harus memakai masker agar virus tidak ditularkan melalui orang lain. "Persoalan sekarang masyarakat tidak memiliki masker. Perlu gerakan home industri membuat masker berbahan kain. Masker kain aman digunakan selama masker itu dicuci," tutupnya. [Bam]

Laporkan Berita dan Peristiwa Sekitar Anda ! SMS ke : 081378705055 atau ke alamat email : redaksi@beritariau.com (harap lampirkan identitas diri).


Berita Terkait :

Komentar Via Facebook :