Lawan Covid-19

Bertambah, Kini 11 Warga Riau Positif Corona

Penulis : user | Minggu, 05 April 2020 - 17:19 WIB

Ilustrasi, Net.

Beritariau.com, Pekanbaru - Pemerintah Provinsi Riau kembali menyatakan seorang warga baru terkonfirmasi positif virus Corona (Covid-19) di wilayah Riau sehingga saat ini pasien positif Corona di Riau mencapai 11 orang.

Juru Bicara Tim Penanganan Covid-19 Provinsi Riau, dr. Indra Yovi,  Minggu (05/04) membenarkan adanya penambahan pasien positif Corona di wilayah Riau tersebut. "Terdapat penambahan 1 kasus positif covid-19, sehingga total di Provinsi Riau terdapat 11 kasus positif," terangnya

Ia mengatakan pasien tersebut diketahui berinisial HN (38)  yang merupakan warga Kabupaten Kampar. Saat ini pasien tersebut tengah menjalani perawatan dan diisolasi di kabupaten Kampar.

"Pasien tersebut memiliki riwayat perjalanan dari daerah terjangkit, yakni dari Jakarta pada tanggal 14 Maret 2020 lalu," tambahnya.

Lanjutnya, dengan penambahan kasus positif itu, Dinas Kesehatan Provinsi Riau langsung melakukan tracing kontak dari pasien HN tersebut.

"Dalam melakukan tracing ini kami bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar dan Polda Riau," bebernya.

Sementara untuk diketahui, dari jumlah total 11 pasien tersebut, 1 pasien telah dinyatakan sembuh dan diperbolehkan kembali ke kediamannya beberapa waktu lalu.

Sedangkan untuk jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Riau mencapai 19.604 orang dimana 3.779 ODP diantaranya telah dinyatakan selesai pemantauan. Untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sendiri berjumlah 147 orang dimana 77 masih menjalani perawatan dan 66 orang telah dinyatakan negatif terjangkit virus asal Wuhan, China itu. Namun, terdapat 4 orang PDP meninggal dunia di Bumi Lancang Kuning itu.

"Terkait dengan informasi yang beredar di masyarakat tentang meninggalnya satu orang
pasien positif covid-19 di Pekanbaru, kami menjelaskan bahwa yang meninggal tersebut bukan pasien positif covid-19, melainkan PDP yang masih menunggu hasil uji swab dari Balitbangkes," jelasnya.

"Kami meminta kepada masyarakat untuk mengikuti protokol penanganan jenazah covid-19 demi kesehatan diri sendiri dan lingkungan sekitarnya. Serta, siapapun yang berada dalam satu ruangan dengan jenazah PDP covid-19 tersebut otomatis berstatus ODP dan diharuskan melakukan isolasi mandiri dengan memerhatikan kondisi kesehatannya. Apabila terdapat gejala, diharuskan untuk segera memeriksakan diri ke fasilitas pelayanan kesehatan," imbuhnya.

Laporkan Berita dan Peristiwa Sekitar Anda ! SMS ke : 081378705055 atau ke alamat email : redaksi@beritariau.com (harap lampirkan identitas diri).


Berita Terkait :

Komentar Via Facebook :