Karhutla Turut Meluas Ke Kepulauan Riau

Penulis : user | Minggu, 18 Agustus 2019 - 09:57 WIB

Beritariau.com, Pekanbaru – Kebakaran hutan dan lahan terjadi di Kampung Desa Batu Berdaun Kecamatan Dabo Singkep Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau seluas 1,5 hektare. Polisi sempat mengalami kesulitan lantaran angin kencang yang datang dari laut, sebab lokasi kebakaran di dekat pantai.
 
Kebakaran itu awalnya dilihat oleh warga bernama Mulyadi, anggota Pemadam Kebakaran Dabo singkep. Lalu dia mendatangi lokasi untuk memastikan kondisi lahan tersebut. Namun, mobil pemadam kebakaran tidak bisa masuk.
 
“Setelah dilakukan pengecekan oleh pihak Damkar Dabo Singkep bahwa benar terjadinya kebakaran di lokasi tersebut,” ujar Kapolsek  Dabo Singkep, Iptu Ahmad Wahyudi, Minggu. 
 
Ahmad menyebutkan, tim Damkar Singkep dan Personel Polsek Dabo Singkep tiba di lokasi kebakaran lahan. Mereka kesulitan mencari akses jalan masuk untuk mobil pemadam. 

Personel yang memadamkan yaitu Kanit Samapta Polsek Dabo Singkep Aiptu Sarjono, Kanit Intelkam Bripka M Yusuf Panjaitan, Bhabinkamtibmas Bripda Ahmad Sahnan Nasution, anggota Damkar Dirga serta personel polisi lainnya.
 
“Akhirnya, kami melakukan pemadaman secara manual dan sambil dilakukan pemantauan oleh pihak dari Damkar Dabo Singkep dan personel Polsek arah gerak api,” kata Ahmad.
 
2 jam kemudian, api padam namun masih dilakukan pemantauan oleh anggota Polsek Dabo Singkep. 1 jam kemudian, api menyala kembali dan dilakukan pemadaman secara manual oleh damkar, Bhabinkamtibmas Desa Batu Berdaun dan warga setempat.
 
“Kamudian api berhasil padam total. Luas lokasi kebakaran kurang lebih 1,5 hektare. Pemilik lahan masih kita selidiki, danm mencari siapa pelaku pembakaran,” kata Ahmad.
 
Ahmad menjelaskan hambatan yang mereka hadapi yaitu akses menuju lahan kebakaran tidak ada untuk kendaraan mobil pemadam damkar Dabo Singkep sehingga pemadaman dilakukan secara manual.
 
“Lokasi kebakaran dekat dengan pantai sehingga api sulit dipadamkan secara manual karena angin kencang,” jelasnya.
 
 

Laporkan Berita dan Peristiwa Sekitar Anda ! SMS ke : 081378705055 atau ke alamat email : redaksi@beritariau.com (harap lampirkan identitas diri).


Berita Terkait :

Komentar Via Facebook :