Karhutla Riau Terus Meluas Capai 2.000 Ha

Penulis : user | Selasa, 19 Maret 2019 - 21:51 WIB

Istimewa

Beritariau.com, Pekanbaru - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau menyatakan luas kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang terjadi di wilayah tersebut sejak awal Januari hingga medio Maret 2019 mencapai 2.038 hektare. 

"Sampai hari ini luas kebakaran mencapai 2.038 hektare. Terluas di Kabupaten Bengkalis yang mencapai 1.045,43 hektare," kata Kepala Pelaksana BPBD Riau, Edwar Sanger di Pekanbaru, Selasa. 

Edwar menjelaskan hingga hari ini, Karhutla masih terus terjadi terutama di wilayah pesisir Riau. Bahkan, dalam laporan harian BPBD, kebakaran tidak hanya melanda wilayah pesisir seperti Bengkalis, Dumai, Rokan Hilir dan Meranti, melainkan terus meluas ke wilayah Kota Peanbaru dan Kampar. 

Edwar merincikan, selain melanda wilayah Bengkalis dengan total luas lahan terbakar lebih dari 1.000 hektare, Karhutla juga terjadi di sejumlah wilayah dengan luas terbakar diatas 100 hektare. Rokan Hilir, katanya, luas lahan terbakar tercatat hingga 294 hektare. 

Selanjutnya di Dumai, luas lahan terbakar mencapai 146 hektare, Kabupaten Kepulauan Meranti 216,4 hektare dan Siak 139,75 hektare. Sementara di Pelalawan luas lahan terbakar tercatat 46 hektare, Indragiri Hilir 66,1 hektare, Dan Indragiri Hulu 31,5 hektare. 

Dari 12 kabupaten dan kota di Riau, dia menyebut hanya ada dua wilayah yang dilaporkan tidak mengalami Karhutla yakni Rokan Hulu dan Kuantan Singingi. Hingga hari ini, upaya pemadaman Karhutla dengan melibatkan TNI, Polri, BPBD, Manggala Agni dan masyarakat masih terus berlangsung. 

Pemadaman tidak hanya dilakukan oleh tim darat, melainkan juga diperkuat operasi pengeboman air dengan melibatkan 11 helikopter, baik dari pemerintah maupun bantuan pihak swasta.  [ard]

Laporkan Berita dan Peristiwa Sekitar Anda ! SMS ke : 081378705055 atau ke alamat email : redaksi@beritariau.com (harap lampirkan identitas diri).


Berita Terkait :

Komentar Via Facebook :