Berhasil Atasi Kabut Asap Riau

Jokowi Buka-bukaan Rahasia Di LAM Riau

Penulis : user | Sabtu, 15 Desember 2018 - 17:37 WIB

Jokowi Saat di LAM Riau

Beritariau.com, Pekanbaru  - Presiden Joko Widodo menerima gelar adat Seri Setia Amanah Negara dari Lembaga Adat Melayu Riau. Salah satu alasan gelar adat tersebut diberikan adalah keberhasilan Jokowi membebaskan Riau dari bencana kabut asap, yang membelenggu selama 17 tahun lamanya. 

Dalam tiga tahun terakhir, masyarakat Riau bisa menghirup udara segar, tanpa jerebu berbahaya setiap musim kemarau tiba.

Jokowi lantas membuka rahasianya dalam mengatasi kabut asap di Riau.

"Yang penting perlu saya buka dalam mengatasi kabut asap ini. Saya sudah janjian dengan Panglima TNI, Kapolri, Pangdam, Kapolda, Danrem, Dandim dan Kapolres," kata Presiden Jokowi saat memberikan sambutan dalam prosesi pemberian gelar adat kepadanya di Balai Lembaga Adat Melayu Riau Pekanbaru, Sabtu. 
  
Presiden menceritakan upaya penanganan kabut asap yang sekitar 17 tahun tidak kunjung selesai.  
  
"Masalah asap ini sudah 17 tahun sulit diselesaikan karena di dalamnya kompleks, bermacam kepentingan ada di sana," katanya.

Namun berkat kerja sama yang melibatkan masyarakat, lembaga adat, LSM, masalah tersebut dapat diatasi atau ditekan jumlah kasusnya. 
  
Ia menyebutkan yang lebih penting lagi adalah perjanjian dirinya dengan Panglima TNI, Kapolri, Pangdam, Kapolda, Danrem, Dandim dan Kapolres.

"Janjiannya singkat kalau masih ada asap di Riau yang saya ganti, copot, jelas siapa. Artinya kalau ada api ada asap, misalnya di kabupaten, Danrem-nya tanggung jawab, kalau gak bisa selesaikan itu, diganti," kata Jokowi dalam acara yang juga dihadiri Ibu Negara Iriana Joko Widodo. 
  
"Setelah saya melihat, digerakkan alhamdulillah hasilnya ada," katanya. [ard]

Laporkan Berita dan Peristiwa Sekitar Anda ! SMS ke : 081378705055 atau ke alamat email : redaksi@beritariau.com (harap lampirkan identitas diri).


Berita Terkait :

Komentar Via Facebook :