Pemberian Gelar Dilaksanakan Besok Pagi

Presiden Jokowi Akan Terima Gelar Adat LAM Riau

Penulis : user | Jumat, 14 Desember 2018 - 19:13 WIB

Baliho Besar Sambut Kedatangan Jokowi di LAM Riau

Beritariau.com, Pekanbaru - Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan menerima gelar Datuk Sri Setia Amanah Negara yang merupakan gelar adat tertinggi dari Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau, Kota Pekanbaru, Sabtu (15/12). 
     
"Besok pagi akan dilaksanakan gelar adat penabalan gelar kehormatan adat kepada Yang Mulia Presiden Republik Indonesia, Tuan Ir Haji Joko Widodo," kata Ketua LAM Riau Syahril Abu Bakar di Pekanbaru, Jumat. 
     
Ia mengatakan gelar adat Datuk Seri Setia Amanah Negara bermakna pemimpin puncak yang bercahaya cemerlang, taat setia secara penuh dalam menunaikan amanah negara yang dibebankan kepadanya.
     
"Yang bak pohon besar melindungi dan mengayomi, yang bak padi dan kapas mensejahterakan," ujar Syahril.
     
Berdasarkan pantauan di Gedung LAM Riau, Jalan Diponegoro, Kota Pekanbaru, persiapan matang berupa gladi bersih hingga sistem pengamanan dari kepolisian dan TNI telah dilakukan. 
     
Panitia penyambutan dan penganugerahan gelar adat kepada Presiden, Datuk Marjohan mengatakan kedatangan presiden akan disambut dengan silat sambut dan beras kunyit disertai iringan kompang sebagai tanda menghormati tamu.  

Sesuai agenda, ia mengatakan Presiden beserta Ibu Negara Iriana Joko Widodo akan mengikuti serangkaian prosesi pemberian adat sekitar pukul 09.00 WIB. 
     
Selain disambut dengan prosesi adat silat, beras kunyit serta kompang, kedatangan Presiden yang dilakukan di depan Balai Adat untuk kemudian menuju Balai Tenas Efendi juga akan diiringi shalawat dan rebana. Ia mengatakan penebalan gelar adat dari pembilang dilakukan dengan nuansa kental budaya Melayu.
     
"Proses penabelaan diawali dengan pembacaan SK (surat keputusan) penganugeran gelar adat oleh Ketua LAM," tuturnya. 
     
Nantinya, prosesi penabalan akan dilakukan pembacaan warkah dan pemasangan tanjak. "Beliau akan menerima pemasangan tanjak dan selempang serta keris diiringi musik," ujarnya. 
     
Selanjutnya Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Jokowi menuju pentas dan duduk disinggasana bak pasangan pengantin dan ditepuk tepung tawar. 

"Ada 9 orang nanti dari kesultanan hingga tokoh adat yang akan menepuk tepung tawari Presiden Jokowi Datuk Seri Setia Amanah Negara. Kemudian pada akhir acara akan ditutup doa dan makan beradat," jelasnya.
     
Presiden Jokowi diagendakan melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Riau pada 14-15 Desember 2018. Agenda pertama Presiden adalah menerima gelar adat tertinggi dari LAM Riau yang dilanjutkan dengan pembagian sertifikat tanah di Rumah Dinas Gubernur Riau. 

Selain itu, presiden juga dijadwalkan menghadiri pagelaran budaya tarian adat di GOR Remaja Kota Pekanbaru serta silaturahmi dengan pimpinan pesantren Al-Kautsar. [ard]

Laporkan Berita dan Peristiwa Sekitar Anda ! SMS ke : 081378705055 atau ke alamat email : redaksi@beritariau.com (harap lampirkan identitas diri).


Berita Terkait :

Komentar Via Facebook :