Padamkan Traffic Light Teratai-Ahmad Dahlan, Dishub Pekanbaru: sengaja

TRAFFIC LIGHT - Persimpangan inilah Traffic Light dipadamkan oleh Dishub Pekanbaru | Istimewa

Beritariau.com Pekanbaru - Traffic Light yang berada di persimpangan Jalan Teratai - Ahmad Dahlan, Dahlia - Ahmad Yani di Kecamatan Sukajadi, Pekanbaru, tidak berfungsi. Akibatnya, lokasi tersebut mengalami kemacetan yang sangat parah.

Gusti, Warga yang tinggal di Jalan Seroja Pekanbaru, menyebutkan bahwa Traffic Light sudah beberapa hari ini tidak berfungsi. Akibatnya, jalanan yang berdekatan dengan sekolah dan rumah sakit tersebut macet panjang.

"Kemarin ada yang tabrakan di persimpangan ini, gara-gara menerobos karen lampu merah tak hidup," Kata Gusti, kepada beritariau.com Kamis (26/10/17).

Menanggapi hal itu, Sekretaris Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru, Sahbanullah, mengatakan bahwa pihaknya tidak lagi memfungsikan Traffic Light tersebut dengan berbagai alasan.

"Itu (traffic light,red) sengaja (dipadamkan,red). Dulu pernah kami hidupkan, semakin hidup malah semakin macet," Kata Sahbanullah.

Dia beralasan, karena akses terlalu dekat dengan Jalan Jenderal Ahmad Yani, Traffic light tersebut dianggap tidak sesuai dengan peruntukkannya. Alasan itulah yang menjadi dasar untuk dipadamkan.

"Menurut saya, ini karena desain simpang yang tidak tepat," cetusnya.

Alasan lain katanya, jika ada penundaan satu menit saja, antrian kendaraan malah semakin panjang hingga ke Jalan Ahmad Yani, dengan kondisi tersebut pihaknya tidak menghidupkan kembali.

"Volume kendaraan dilokasi tersebut cukup tinggi karena banyak perkantoran, seperti Bapenda, pengadilan negeri, Dinas Perdagangan, serta Dinas Koperasi," ungkapnya.

Selain itu, Traffic Light juga berdekatan dengan Pasar yang ada di Jalan Teratai. Meski dihidupkan masih banyak pengendara sepeda motor yang menerobos. Kedepan, dia dan jajarannya berencan akan melakukan rekayasa ulang.

"Kami akan membuat kajian dengan matang supaya disana tidak ada lagi terjadi kemacetan panjang," pungkasnya. [bam]