Terapkan 15 Peraturan di Pertandingan Tingkat RT

Hari Merdeka, Warga Kelurahan Delima Pekanbaru Tanding Domino

Sejumlah Warga RT 01 RW 05 Kelurahan Delima Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru Tengah Serius Bermain Domino | Beritariau.com 2014

Beritariau.com, Pekanbaru - Ada saja cara warga Pekanbaru menyemarakkan Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke 69 yang biasa disebut "Acara 17 Agustusan". Warga di Rukun Tetangga (RT) 01 Rukun Warga (05) Kelurahan Delima Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru ini merayakan HUT RI dengan menggelar pertandingan domino.

"Pertandingan ini sejak tanggal 4 Agustus sampai 25 Agustus mendatang. Kita gelar setiap hari mulai pukul 09.00 sampai sekitar 01.00 dini hari. Sampai sekarang ada sekitar 50 peserta ikut bertanding," kata Joni (49), Koordinator Pertandingan Domino Panitia 17 Agustus saat ditemui di lokasi pertandingan di Jalan Lobak samping Posyandu "Sayang Mama", Minggu (17/08/2014) malam.

Diterangkan Joni, pertandingan ini diperuntukkan untuk kaum pria baik pemuda maupun orang tua. Tak hanya dari lingkungan RT 01, peserta juga dapat dari lingkungan lain. Pertandingan yang digelar dengan total 29 Pool ini, juga disuguhi sejumlah hadiah seperti Kipas Angin, Kompor Gas dan hadiah menarik lainnya.

Amrozi (33), warga Jalan Kutilang satu di antara peserta mengaku mengikuti pertandingan domino ini hanya sebagai ajang menghibur diri pada gelaran "17an" ini.

"Hadiah bukan jadi tujuan utama. Ini menjalin keakraban sesama teman di Hari Kemerdekaan ini. Di lingkungan saya soalnya ga ada acara kayak gini. Sekaligus uji kemampuan lah bang," kata Amrozi peraih hadiah kipas angin ini.

Meski di tingkat RT, papar Joni, pertandingan domino ini menggunakan aturan yang telah disepakati. Dari 15 peraturan bermain, beberapa diantaranya sebagai berikut; domino tidak boleh dibanting, tangan tak boleh di atas meja, tak boleh pakai kode, 3 kali tak hadir dianggap hangus. Selain itu, diberlakukan juga beberapa ketentuan mengikat terkait poin antara lain; salah turun minus 11, batu jatuh terbalik minus 11, batu salah angkat minus 11, Game 201 poin.

Pantauan di lapangan, sejumlah pool (meja pertandingan) berjejer di bawah sebuah tenda besar yang disediakan panitia. Tampak, beberapa warga sedang serius memperhatikan dadu yang mereka mainkan.

"Ada 4 buah tenda beserta kursi dan meja yang merupakan inventaris kita sendiri. Semuanya dikerjakan dengan dana dari swadaya masyarakat," ungkap Ilfan Joni (51), Ketua Umum Panitia "17an" di RT 01 ini.

Rangkaian kegiatan "17an" di lingkungan ini, papar Ilfan, diisi dengan beragam acara antara lain; tarik tambang, pacu goni, pacu kelereng, pimpong, makan kerupuk, tangkap belut dan lele dan kegiatan lain. "Itu tadi siang kita lakukan. Anak-anak dan Ibu-Ibu dari Kelompok Organisasi Ibu Dasa Wisma juga ikut," tutur Ilfan.

Sedangkan acara puncak, lanjut Ilfan, akan digelar pada tanggal 30 Agustus mendatang. Nantinya, pada pesta puncak itu dilakukan penyerahan hadiah bagi para pemenang dari setiap pertandingan dibarengi hiburan musik orgen.

Sedangkan pertandingan panjat pinang yang merupakan ciri khas perayaan Hari Kemerdekaan RI, akan digelar pada tanggal 24 Agustus mendatang. "Kita tidak lakukan pada hari ini karena berbagi jadwal dengan lingkungan RT lain," terang Ilfan. [red]