Tahanan Kabur, Jaksa Ayu tak bisa naik Pangkat selama Tiga tahun

Ilustrasi | Beritariau.com 2014

Beritariau.com, Pekanbaru - Akibat lalai saat bertugas yang membuat seorang terdakwa kabur, Jaksa dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Pekanbaru, Ayu Susanti, mendapat sanksi tegas dari Asisten Pengawasan (Aswas) Kejaksaan Tinggi (Kejati Riau). Jaksa yang pernah bertugas di Kejari Tembilahan itu, tak bisa naik pangkat selama tiga tahun.

Selain itu, Ayu juga tidak dibenarkan melakukan kegiatan lainnya yang berkaitan dengan kepangkatan antara lain, Ayu tak dibenarkan mengikuti sekolah kejaksaan selama tiga tahun.

"Itu merupakan konsekuensi hukuman yang kami berikan. Semuanya ditunda selama tiga tahun. Ayu dinilai bersalah terhadap kaburnya tahanan di Pengadilan Negeri (PN) Pekanbaru," kata Asisten Pengawasan Kejati Riau Erwin Desman saat dikonfirmasi di ruangannya, Jum'at (21/11/14).

Dijelaskannya, sanksi yang diberikan ke Ayu merupakan hasil pemeriksaan dari puluhan saksi. Jaksa pemeriksa di Aswas berkesimpulan bahwa Ayu telah melakukan pelanggaran.

"Hukumannya sudah diberlakukan sejak bulan lalu. Jaksa itu melanggar PP 53 tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil (PNS)," jelas Erwin.

Tak hanya Ayu, seluruh pegawai Kejari Pekanbaru yang bertugas menjaga tahanan juga dikenakan sanksi. Gaji berkala mereka tak dibayarkan selama setahun.

Disamping itu, Erwin mengingatkan seluruh pegawai kejaksaan untuk berhati-hati dalam melaksanakan tugasnya. Jaga sikap dan jangan pernah menerima uang dalam perkara yang ditanganinya.

"Kalau terbukti menerima uang, akan dikenakan pelanggaran kode etik berlapis. Itu himbauan saya, jaga nama baik institusi dan jalankan tugas sesuai aturan yang berlaku," pungkas Erwin.

Diberitakan sebelumnya, Ayu diduga lalai sehingga menyebabkan terdakwa bernama Bunari kabur, setelah menjalani sidang di PN Pekanbaru, Kamis (24/7/14). Hingga kini, Bunari belum ditangkap.

Sebelum kabur, Bunari sempat disidangkan di lantai 2 PN dengan agenda pemeriksaan saksi. Usai sidang, Ayu membawanya lagi ke ruang tahanan.

Saat dibawa, Ayu berada di depan. Dari belakang, Bunari tak dikawal petugas kejaksaan dan kepolisian. Tahanan tadi melepaskan rompi tahanan dan lari ke arah pintu samping. [Pan]

Tags :# hukum