Kalau Kerja, Polisi baiknya pakai Radio HT, bukan Handphone

Ilustrasi | Beritariau.com 2014

Beritariau.com, Pekanbaru - Handy Talky (HT) atau radio yang kerap digunakankan kepolisian guna mengontrol situasi terkini dari setiap satuan mulai dari Pos Polisi di desa, Polsek, Polres serta Polresta diminta untuk lebih maksimal digunakan untuk pengendalian dan laporannya.

Sebab, Kapolda Riau Brigjen Pol Dolly Bambang Hermawan melihat polisi di lapangan kerap menggunakan Handphone (HP) dan mengenyampingkan HT dalam berkomuniksasi saat kerja.

"Saat kerja, maupun di rumah, personil harus siaga, gunakanlah HT, jangan HP. Itu lebih efisien untuk di sejumlah daerah baik di kota maupun di desa," ujar Dolly, Kamis (20/11/14) dalam kunjungan kerjanya ke Mapolres Pelalawan dan Mapolres Siak.

Dolly juga menghimbau, penggunaan HP mestinya digunakan dalam hal yang positif. Tidak untuk bermain-main, apalagi disaat jam dinas. Sebab, masyarakat membutuhkan polisi 24 jam nonstop.

"Kita lahir, kemudian tumbuh dan besar, lalu jadi polisi, kemudian dilantik. Setelah itu, kehadiran polisi di masyarakat sudah harus mampu melahirkan rasa tenteram dan nyaman," terang Dolly saat memberikan arahan kepada anggota Polres Pelalawan.

Menurut Dolly, mata masyarakat melihat polisi bukan dari pangkat, bukan umur, bukan nunggu tua dulu baru masyarakat bisa patuh. Namun, sejak dilantik lah kehadiran polisi langsung terjun menjadi pengayom masyarakat, bukan untuk menakut-nakuti.

"Masyarakat tidak melihat umur tua atau muda, tapi sosok sebagai pengayom, pelindung. Gak dari pangkat. Misalnya ada kejadian pada malam hari, di lapangan ada polisi, langsung dibilang sama warga, pak polisi disitu ada kejadian, meskipun pada siang harinya baru dilantik, harus siap membantu masyarakat, ingat itu," tegasnya.

Ditambahkan Dolly, setelah polisi dilantik, diharapkan dapat langsung mengurangi adanya gesekan dengan pihak-pihak lain, guna menciptakan rasa nyaman buat masyarakat.

"Jangan pulak menjawab dengan, mohon maaf pak, saya baru tadi dilantik tadi siang, jangan bilang begitu, pahami betul posisi kita seperti apa. Setelah dilantik, langsung jalankan tugas," pintanya.

Dalam kunjungan kerja Kapolda Riau yang didampingi Irwasda Ahmad Nurda Alamsyah, Kabid Propam, AKBP Budi Santoso serta Kabid Humas, AKBP Guntur Aryo Tejo itu, pihaknya mengunjung Polres Pelalawan. Selanjutnya, usai mengecek perlengkapan sarana dan prasarana di Polres Pelalawan, Dolly beserta rombongan menuju Mapolres Siak. [Pan]

Tags :# hukum