Lawan Covid-19

Pemprov Riau Gandeng Imigrasi-Polisi Lacak Jemaah Tabligh Dari Malaysia

Penulis : user | Kamis, 19 Maret 2020 - 16:51 WIB

Beritariau.com, Pekanbaru - Malaysia menjadi salah satu negara yang paling parah dilanda Corona Virus Disease atau Covid-19. Baru-baru ini, pemerintah negeri jiran itu pun mengambil langkah berani dengan menutup akses keluar dan masuk ke negara itu atau lock down.

Kasus Corona yang melanda negeri jiran itu untuk diketahui berasal dari satu klon yang sama, yakni pengajian ribuan jemaah tabligh Akbar yang diselenggarakan di Masjid Petaling Jaya, dekat Kuala Lumpur.

Dilansir dari Channel News Asia, setidaknya ada sekitar 700 WNI yang turut menjadi peserta tablig akbar.

 

Pada Minggu (15/3/2020), otoritas kesehatan Malaysia melaporkan ada 190 kasus penyebaran virus corona baru, yang diduga berkaitan dengan penyelenggaraan kegiatan tersebut.


Di Indonesia, salah satu korban dari jemaah tabligh terkonfirmasi positif virus Corona. Dia adalah laki-laki berusia 63 tahun berinisial M yang diketahui menjadi salah satu peserta kegiatan itu. Selain M, masih ada puluhan lainnya' yang juga berasal dari Pekanbaru.

Untuk itu, Pemerintah Provinsi Riau berupaya mencari alamat rumah puluhan warga yang menjadi jamaah tabligh akbar di Malaysia.

“Kita sedang mencari alamat teman-teman dari warga yang positif (Corona) itu. Kita minta bantuan kepolisian dan Kementerian Hukum dan HAM melalui imigrasi,” ujar Sekretaris Daerah Pemprov Riau, Yan Prana Jaya Indra Rasyid, Kamis.

Yan menyebutkan, jika nanti sudah didapat data lengkap alamat rumah para Jemaah tablig akbar itu, tim medis akan mendatangi rumah mereka masing-masing. Itu dilakukan untuk mengecek kondisi kesehatan mereka.

“Dan juga supaya (mereka) tidak menyebar kemana-mana,” kata Yan.

Untuk keluarga pasien yang terjangkit virus corona, pemerintah juga melakukan observasi dan mengecek kondisi kesehatan mereka.

Namun hingga saat ini, belum ada pasien tambahan yang terjangkit virus mematikan itu.

“Pasien yang positif baru 1 orang,” jelas Yan.
Sebelumnya, satu pasien dinyatakan positif Corona dan kini dirawat di RSUD Arifin Achmad Pekanbaru, disinyalir terjangkit setelah menghadiri acara tabligh akbar di Malaysia.

Kepala Dinas Kesehatan Pemprov Riau Mimi Yuliani Nazir menyebutkan, satu warga Riau positif virus Corona pada Rabu (18/3) malam.

Mimi menyebutkan, selama ini pasien tersebut memang dirawat di RSUD Arifin Ahmad sejak 13 Maret 2020 lalu. Namun belakangan, kondisi pasien itu menurun dan dinyatakan positif Covid-19.

“Saat ini pasien tersebut dirawat di RSUD Arifin Ahmad," ucap Mimi.
 

Laporkan Berita dan Peristiwa Sekitar Anda ! SMS ke : 081378705055 atau ke alamat email : redaksi@beritariau.com (harap lampirkan identitas diri).


Berita Terkait :

Komentar Via Facebook :