Areal PT Chevron Terbakar 5 Hektare

Penulis : admin | Rabu, 04 September 2019 - 21:45 WIB

Beritariau.com Bengkalis - Seluas 5 hektare lahan di kawasan PT Chevron Pacifik Indonesia (CPI) Desa Bumbung Kecamatan Bathin Solapan, Kabupaten Bengkalis, Riau terbakar. Meski polisi kesulitan melakukan pemadaman karena tidak ada sumber air, namun akhirnya api sudah padam.

“Iya, ada 5 hektare yang terbakar di areal PT CPI. Api sudah padam, tapi masih ada asapnya,” ujar Kapolres Bengkalis AKBP Yusup Rahmanto kepada wartawan, Rabu (4/9/19).

Yusup menyebutkan, sejumlah personel kepolisian masih berjaga di sana. Sebab, polisi khawatir api akan kembali menyala dan menjalar ke lahan lain jika areal ditinggalkan.

“Kapolsek di lokasi dengan titik kordinat 1.35248°, 101.26678°, masih melakukan pendinginan di lahan karena ada sisa asap dari lahan yang terbakar,” ucap Yusup.

Selain di sana, polisi bersama BPBD Bengkalis melakukan upaya pemadaman kebakaran lahan di Desa Bukit Kerikil Kecamatan Bandar Laksamana, Kabupaten Bengkalis seluas 50 hektare. Ini sudah hari ke 9 kebakaran lahan terjadi di kawasan dekat Cagar Biosfer tersebut.

Kepala BPBD Riau Edwar Sanger mengatakan, di Bukit Kerikil, saat ini petugas masih berjibaku melakukan pemadaman agar api tidak menyebar lebih luas. Pemdaman sulit dilakukan disebabkan minimnya sumber air dan akses jalan Menuju lokasi sulit di jangkau.

“Karena jalur darat kesulitan melakukan pemadaman, maka dibantu melalui jalur udara, dengan helicopter untuk melakukan water bombing atau bom air di hari kesembilan ini,” kata Edwar.

Pemadaman di sana dilakukan BPBD Bengkalis, Damkar, TNI, Polri, Manggala Agni KLHK serta Masyarakat Peduli Api (MPA). Peralatan yang digunakan seperti 1 kolher, 1 Pa Honda GX 270, 2 mini tracker GXH, 28 selang, 4 nozel, 2 Y Conection, 1 alat berat dan 1 Helikopter WB milik BNPB.

”Kebakaran lahan di areal PT CPI dan Desa Bukit Kerikil menambah luas lahan yang terbakar di Kabupaten Bengkalis. Sejak awal Januari 2019 hingga hari ini, kebakaran lahan di Bengkalis mencapai 1.734,78 hektare,” ucap Edwar. [Asn]

Laporkan Berita dan Peristiwa Sekitar Anda ! SMS ke : 081378705055 atau ke alamat email : redaksi@beritariau.com (harap lampirkan identitas diri).


Berita Terkait :

Komentar Via Facebook :