Saat Prajurit TNI Bantu Atasi Krisis Sanitasi Masyarakat Miskin Kampar

Penulis : user | Jumat, 19 Juli 2019 - 14:17 WIB

Beritariau.com, Pekanbaru - Satuan tugas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) membantu mengatasi krisis sanitasi yang dialami warga pedalaman Kabupaten Kampar, Provinsi Riau dengan mendirikan puluhan kakus kepada keluarga kurang mampu. 

"Masih cukup banyak masyarakat yang tidak memiliki fasilitas kakus di rumahnya masing-masing. Jika kondisi ini dibiarkan akan membahayakan kesehatan warga," kata Komandan Komando Distrik Militer 0313/KPR Letkol Inf Aidil Amin dalam keterangannya kepada Antara di Pekanbaru, Jumat. 

Pembangunan kakus telah dilakukan puluhan prajurit TNI di sejumlah lokasi terpencil di wilayah Kampar. Pada hari ini, pembuatan kakus kembali dilanjutkan di Desa Mentulik, salah satu desa yang cukup terpencil di wilayah Kecamatan Kampar Kiri, Kabupaten Kampar. 

Sebagian besar orang menilai pembangunan kakus merupakan hal sepele, namun dia mengatakan masyarakat terpencil sangat mendambakan keberadaan sanitasi yang layak untuk kehidupan lebih sehat. 

Nantinya, pembangunan jamban tersebut akan dilaksanakan di setiap desa. Sebelum pembangunan jamban dimulai, ia mengatakan prajuritnya telah terlebih dahulu melakukan pemetaan wilayah mana saja yang terdapat keluarga belum dilengkapi fasilitas sanitasi yang baik. 

Komandan Rayon Militer 05/Kampar Kiri Mayor Arh Gunawan menuturkan pembangunan tersebut dilakukan secara karya bakti melibatkan masyarakat. 

Pembuatan jamban gratis bagi masyarakat miskin dan kurang mampu ini sebagai wujud kepedulian TNI jajaran Komando Distrik Militer 0313/KPR, dengan tujuan masyarakat dapat menjalankan hidup sehat.

Gunawan mengakui pembangunan jamban dihadapkan dengan keterbatasan anggaran. Meski begitu dia memastikan bantuan pembuatan kakus tersebut dapat terus berlanjut dan menyasar keluarga kecil. 

"Meski dengan keterbatasan anggaran yang ada, namun pengadaan jamban ini tetap di lakukan oleh jajaran Koramil. Yang terpenting masyarakat bisa hidup sehat dengan memiliki jamban di rumah," ujarnya. 

Kegiatan ini disamping dapat meringankan beban rakyat, lanjutnya, juga menjadi jalan untuk menjalin komunikasi sosial dengan masyarakat sehingga memperkokoh kemanunggalan TNI dan rakyat. [ard]

Laporkan Berita dan Peristiwa Sekitar Anda ! SMS ke : 081378705055 atau ke alamat email : redaksi@beritariau.com (harap lampirkan identitas diri).


Berita Terkait :

Komentar Via Facebook :