Titik Panas di Riau Bertambah, Udara Pekanbaru Makin Tak Sehat

Ilustrasi | Beritariau.com 2014

Beritariau.com, Pekanbaru - Berdasarkan Satelit Terra dan Aqua dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, Hotspot (Titik Panas, red) hari ini, Rabu (17/9/14) sejak pukul pukul 05.00 WIB, di Sumatera sebanyak 248 titik panas.

Sementara di Riau, mencapai 10 Titik Panas sedangkan titik api di Riau mencapai 10 titik. Sehingga udara di Kota Pekanbaru dinyatakan tidak sehat.

"Titik panas di Riau tersebar di sejumlah daerah, diantaranya di Kabupaten Inhil 10 Titik, di kabupaten Inhu 8 titik, di kabupaten Pelalawan 2 titik," ujar Kepala Bidang Data BNPB Agus Wibowo, Rabu (17/9/14).

Sedangkan untuk titik api (firespot) di Riau mencapai 10, diantaranya tersebar di kabupaten Inhil 5 titik, di kabupaten Inhu 4 titik, di kabupaten Pelalawan 1 titik.

"Cuaca Riau pada umumnya cerah hingga berawan dan diselimuti kabut asap, potensi hujan dengan intensitas ringan dan bersifat lokal diperkirakan terjadi dini hari di wilayah Riau Bagian Utara dan Barat," terang Agus.

Sedangkan untuk jarak pandang (Visibility) di Kota Pekanbaru mencapai 1 Km (smoke), di Pelalawan 500 m (smoke), di Kota Rengat (Inhu) 1 Km (Smoke) di Kotamadya Dumai 2 Km (Smoke).

"Berdasarkan data PM10 pukul 07.00 WIB tadi, di stasiun Meteorologi Pekanbaru terhitung ISPU 138, akibat asap yang semakin menyebar, udara Pekanbaru dinyatakan tidak sehat," pungkas Agus. [Pan]