Gubri Buka KEN Kenduri Riau 2022 dengan 10 Pantun

Beritariau.com, Pekanbaru - Events Kenduri Riau 2022 resmi dibuka Gubernur Riau Syamsuar, pada Jumat (30/9/2022) malam. Agenda pariwisata ini bagian dari top 100 Kalender Events Nusantara (KEN) Kemenparekaf. 

Kenduri Riau digelar mulai 29 September hingga 2 Oktober 2022. Lokasinya di Bandar Seni Raja Ali Haji purna MTQ Pekanbaru, Riau. Mengusung tema 'Hela Muara Takkan Putus Air  Dicincang'. 

Arti dari tema tersebut adalah, Riau memiliki empat sungai besar yang menghidupi berbagai suku dan kelompok masyarakat yang berbaur dan tak akan putus persaudaraannya.

Saat membuka acara tersebut Gubernur Riau Syamsuar menyampaikan sambutan dengan 10 pantun khas Melayu Riau. Tujuan ia menyampaikan pantun agar masyarakat mengetahui bahwa pantun sudah menjadi WBTb dunia yang telah mendapatkan sertifikat dari UNESCO.

Pantun khas Melayu telah masuk Representative List of the Intangible Cultural Heritage (ICH) of Humanity UNESCO atau Daftar Representatif Warisan Budaya Takbenda (WBTb) tentang Kemanusiaan pada tahun 2020 lalu. 

“Saya menyampaikan sambutan pembukaan kegiatan ini dengan pantun saja. Karena pantun sudah menjadi Warisan Budaya Takbenda dunia yang telah mendapatkan pengakuan dari UNESCO,” katanya 

Diungkapkan Syamsuar, bahwa pantun adalah milik Indonesia. Ia berharap pantun yang dibacakan bisa untuk mengekspresikan ide perasaan dan sekaligus membuka acara Kenduri Riau secara resmi. 

Yuk Simak 10 pantun yang dibacakan Gubernur Riau Syamsuar

"Lancang Kuning berlayar malam, Pergi ke rantau negeri yang jauh, Sambutan dimulai dengan salam, Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh"

"Ditepi sungai menangkap selais, hendak disantap di tengah dusun, mengucap taklim kepada majelis, dalam Kenduri Riau kita berhimpun"

"Hulu Balang Raja ke Selat Melaka, Membawa hantaran seperti cincin, Bersyukur kita kepada Allah Subhanahu wata'ala dengan ucapan Alhamdulillahirobbilalamin"

"Rajin membaca jadikan hobi, terkarang buku Indah terukir, Sholawat dan salam kepada Nabi, berharap syafaat di yaumil akhir"

"Memancang togak di batas pulau, untuk dipasang tiang bendera, Helat bernama Kenduri Riau, Dirangkai juga pemilihan Bujang Dara"

"Petikan gambus berdentang denting, Mengalun lagu berdendang bebas, Acara yang ditaja sungguhlah penting, Menghimpun komunitas yang berkualitas"

"Sungguh cantik cicin selasa, bersepuh emas indah berkilauan, Rangkaian acaranya luar biasa, beragam lomba pun dipagelarkan"

"Sagas senja di awan memancar, matahari indap perlahan, semoga seluruh acara berjalan lancar, protokol kesehatan tetap diperhatikan"

"Ke Pasar Cipuan membeli selasih, Selasih disimpan dalam bekalan,  Kehadiran Tuan dan Puan kami ucapkan terima kasih, Segala kekurangan Mohon dimaafkan"

"Uraian temali dari ikatan, dengan tangan merangkum utuh, izinkan kami mengakhiri sambutan,  dengan ucapan wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh"

Sementara itu, Inspektur II Kemenparekraf RI Kamal Rimosan dalam sambutannya menyampaikan, apresiasi tinggi kepada Dinas Pariwisata Provinsi Riau serta seluruh pihak yang telah berpartisipasi dalam KEN Kenduri Riau 2022.

Dikatakan dia, Kenduri Riau 2022 sangat menarik, dikemas dengan mengangkat seni budaya dan kerifan lokal yang dipadukan dengan keanekaragaman kreativitas dan inovasi.

“Apresiasi yang setingginya saya ucapkan kepada Pemerintah Provinsi Riau khususnya Dinas Pariwisata Provinsi Riau serta seluruh pihak yang telah berpartisipasi dalam Kalender Events Nusantara, Kenduri Riau 2020 ini,” ucapnya. 

Kamal mengakui, Provinsi Riau kaya akan potensi pariwisata dan ekonomi kreatif. Dengan begitu ia berharap sektor pariwisata di Bumi Lancang Kuning itu bisa terus kembangkan. 

“Sebagaimana kita ketahui saat ini, Pemerintah Provinsi Riau terus mendorong pengembangan pariwisata berkualitas, berbasis pada prinsip keberlanjutan lingkungan, nilai-nilai Sapta Pesona, dan CHSE. Hal ini tentunya dalam rangka menjaga kepercayaan wisatawan,” tutupnya. (*)