STIE Syari’ah Bengkalis Taja Workshop Penerapan Audit Syari’ah untuk Perbankan

Beritariau.com, Bengkalis – Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Syari’ah Bengkalis mengelar kegiatan workshop penerapan audit syari’ah untuk perbankan syari’ah di Indonesia, Selasa 20 September 2022.

Workshop yang dilaksanakan di Aula STIE Syari’ah Bengkalis ini menghadirkan narasumber H Ahmad Afandi Mahfud, Ph.D.

Khodijah Ishak menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan literasi bagi masyarakat tentang audit syariah, selain itu kegiatan audit syariah dilaksanakan karena belum adanya kewajiban pelaksanaan untuk melakukan syariah audit.

Menurut Khodijah, selum adanya standar OJK terkait khusus syariah audit, belum adanya external dan internal auditor. Sementara dari sisi DSN permurniaan syariah karen adanya UUS dan interaksi dengan BUK, Aspek kepatuhan terhadap syari'ah belum pernah di audit, dan tata keloka syariah. 

Sedangkan dari sisi literasi publik (termasuk LKS), LKS yang masih minim pengetahuan pentingnya audit syariah, belum adanya SDM OJK di bidang audit syariah, belum adanya SDM DSN yang memahami cara melakukan audit syariah.

Menurut Khodijah, proses konversi entitas (lembaga) atau portofolio (aset dan liabilitas) konvensional menjadi syariah pada perbankan tersebut masih belum ada keseragaman dari sisi penerapan prinsip syariah, baik dalam hal penggunaan skema akad, tata cara konversi, maupun dalam hal standard yang digunakan untuk pengakuan aset konvensional menjadi aset syariah, sehingga ada keraguan pemangku kepentingan sehingga dalam hal ini perlunya ada audit syari’ah dengan tujuan untuk memastikan kepatuhan seluruh operasional bank terhadap prinsip dan aturan syariah.

Afandi Mahfud menyampaikan bahwa audit syari’ah adalah Penilaian berkala dilakukan dari waktu ke waktu, untuk memberikan penilaian independen dan jaminan obyektif yang dirancang untuk menambah nilai dan meningkatkan derajat kepatuhan dalam kaitannya dengan operasi bisnis IFI, dengan tujuan utama untuk memastikan sistem pengendalian internal yang baik dan efektif untuk kepatuhan Syariah, ungkapnya.

Hadir pada kegiataan tersebut pimpinan bank BSI Kcp Bengkalis, Bank BRK Syari’ah KCP Bengkalis dan Civitas Akademika STIE Syari’ah Bengkalis. (*)