Info! Bapenda Bangun Tiga Samsat Drive Thru di Tiga Kabupaten di Riau

Kepala Bapenda Riau, Herman.

Beritariau.com, Pekanbaru - Tiga Kabupaten di Provinsi Riau, yakni di Kabupaten Pelalawan, Rokan Hilir, dan Indragiri Hilir. Dalam waktu dekat akan dibangun Samsat Drive Thru.

Tujuannya, antara lain meningkatkan sumber pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor pajak kendaraan bermotor, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Riau

Kepala Bapenda Riau, Herman mengatakan, biaya pembangunan fasilitas pembayaran pajak drive thru tersebut dialokasikan di Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) tahun 2021.

"Pembangunan sarana drive thru tersebut dalam rangka mempermudah wajib pajak membayaran pajak tahunan, di daerah tersebut," kata Herman.

Langkah awal pembangunan drive thru di Pangkalan Kerinci, lanjut Herman, pihaknya telah koordinasi dengan pemerintah setempat, dan Bupati Pelalawan siap menyediakan lahan untuk samsat drive thru.

Di Kabupaten Rohil, persisnya di Ujung Tanjung, sudah jalan. Namun fasilitasnya masih sederhana sehingga tahun ini akan dibangun secara permanen.

Sedangkan, Drive Thru di Tembilahan sudah dikoordinasikan dengan pemerintah setempat. Setelah direspon, diusulkan letaknya di terminal dan memiliki parkiran yang luas.

"Tapi di sana saat malam agak sunyi. Karena itu kita pertimbangkan, menyangkut keamanan alat kita," kata Herman.

Menurutnya, langkah ini efektif untuk memaksimalkan pelayanan ditengah Pandemi Covid-19 memaksimalkan pelayanan pajak. Sebagai contoh, Samsat Drive Thru Simpang Tiga, tepatnya di depan kantor Bapenda Riau. 

Sebagai informasi, lanjut Herman, sejak diresmikan tanggal 9 Agustus kemarin. Antusias masyarakat begitu tinggi.

"Selama beroperasi sebulan sudah Rp1 miliar lebih wajib pajak bayar pajak tahunan," ungkap Herman.

Setelah di tiga lokasi tersebut, pihaknya berencana melajt pembangunan Drive Thru dilakukan di daerah lainnya.***