Semarakkan HUT RI Ke-76

Selama Agustus, Semua Pihak Diminta Kibarkan Bendera Merah Putih

Kepala Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi Riau Chairul Riski

Beritariau.com, Pekanbaru - Pemerintah Daerah se-Indonesia, termasuk di Provinsi Riau, diharapkan mengibarkan bendera merah putih selama bulan Agustus 2021, untuk menyemarakkan perayaan HUT RI ke-76 tahun 2021 ini.

Kepala Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi Riau Chairul Riski mengatakan, hal ini berdasarkan Surat Edaran (SE) Menteri Sekretaris Negara Republik Indonesia yang diterima pihaknya.

Surat itu, kata Chairul Riski, Nomor: B-462/M/S/TU.00.04/06/2021 tentang Partisipasi menyemarakkan Peringatan hari Ulang Tahun (HUT) Ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2021. Pemerintah Daerah (Pemda) diharapkan untuk kibarkan bendera merah putih selama agustus 2021.

“Saya meminta kepada semua elemen masyarakat untuk mengibarkan Bendera Merah Putih selama bulan Kemerdekaan ini, dari 1 Agustus hingga 31 Agustus,” kata Riski.

Melengkapi semaraknya. Semua elemen ditengah-tengah masyarakat juga diminta segera melaksanakan beberapa hal. Di antaranya, memasang dekorasi, umbul-umbul, poster, spanduk, baliho atau hiasan lainnya secara serentak sejak tanggal 1 Juli hingga 31 Agustus 2021.

Selain masyarakat, Pemda juga diminta untuk mengimplementasikan secara maksimal logo dan desain turunan HUT ke-76 Kemerdekaan RI Tahun 2021 ke dalam berbagai bentuk media, seperti pemunculan desain tampilan website atau media sosial, tayangan pada media televisi dan online, dekorasi bangunan, dekorasi kendaraan/alat transportasi umum dan dinas, produk souvenir/merchendise, media publikasi cetak dan elektronik dan lain-lain.

Selanjutnya, pada tanggal 17 Agustus 2021, sekitar pukul 10.17 hingga pukul 10.20 WIB saat lagu Indonesia dikumandangkan serentak, semua pihak diminta menghentikan kegiatan selama 3 menit untuk menghormati peringatan Detik - Detik Proklamasi.

Kemudian, bagi seluruh jajaran TNI dan Polri serta kantor-kantor instansi Pemerintah maupun Swasta agar mendengarkan sirine atau suara penanda sebelum lagu Indonesia Raya dikumandangkan.

Riski mengarahkan, bagi pihak yang ingin mencantumkan atau penggunaan logo HUT ke-76 Kemerdekaan RI Tahun 2021 dan desain turunannya, agar merujuk pada pedoman yang dapat diunduh pada website Kementerian Sekretaris Negara, https://www.setneg.go.id.

Tidak lupa, Riski juga menyampaikan himbauan kepada seluruh masyarakat untuk tetap memperhatikan penerapan protokol kesehatan (Prokes) pencegahan dan penanganan Covid 19 secara ketat.

“Untuk penerapan prokes ini semua pihak harus menyesuaikan dengan kemampuan dan kondisi dari daerah masing masing serta memperhatikan peraturan perundang - undangan yang berlaku,” pungkas mantan Pejabat (Pj) Bupati Inhu ini.***

 

Terkait