Bupati Kampar CSS Ikut Panen Sayuran di Lahan Wanita Tani Tapung

Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto memperlihatkan hasil panen sayuran yang dipetik dari lahan KWT Sumber Rejeki melalui program P2L di Desa Sei Lembu Makmur Kecamatan Tapung, Senin (2/8/2021)

 

BERITARIAU.COM, TAPUNG - Bupati Kampar, Catur Sugeng Susanto (CSS) ikut memanen di lahan yang dikelola Kelompok Wanita Tani (KWT) Sumber Rejeki, Senin (2/8/2021). Lahan pertanian itu merupakan program Pekarangan Pangan Lestari (P2L) di Desa Sei Lembu Makmur Kecamatan Tapung. 

CSS mengapresiasi keberhasilan program ini karena memberi manfaat bagi anggota KWT. Hasil panen ada yang sudah dijual. "Jika dikelola dengan baik tak mustahil petani akan menjadi maju dan sejahtera," ungkapnya.

Menurut Catur, di masa pandemi Covid-19 ini, kebutuhan sayuran sangat tinggi. Sehingga sektor pertanian diharapkan tetap berproduksi. Terkait kendala pemasaran, ia mempersilakan petani berkoordinasi dengan kelompok tani dan instansi terkait. 

"Program ini dapat memberikan ketersediaan terhadap pemenuhan kebutuhan konsumsi keluarga akan sayur, sehingga tidak lagi membeli," kata Catur. Oleh karena itu, ia berpesan agar keluarga memanfaatkan pekarangan untuk menanam sayuran seperti sawi, kangkung, cabai, kacang panjang dan lainnya.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kampar, Cokroaminoto menjelaskan, program P2L merupakan implementasi dari program Ocu Mapan yang saat ini sedang digalakkan. Hasilnya dapat dinikmati langsung oleh masyarakat.

"Baik untuk dikonsumsi langsung oleh keluarga dan juga sudah diperjualbelikan. Alhamdulillah hasil panen melimpah dan banyak dinikmati dan disukai oleh para konsumen,” kata Cokro. (*)